Anggaran Pembangunan IPAL di Kepulauan Togean Rp, 4 Miliar Lebih

 

Syamsul Bahri M. Kasim (deadline-news.com) Tounasulteng – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tojo Una-Una provinsi Sulawesi Tengah melalui Bidang Cipta karya menggelontorkan anggaran pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sebesar Rp,4 miliyar lebih di Kepulauan Togean.

Kata Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Bagalani Alfari menjawab deadline-news.com usai melakukan sosialisaai di kepulauan Togean Minggu (21/6-2020), terkait Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) dikepulauan Togean.

“Program ini terkait dengan pebangunan infrastruktur Air Limba untuk Rumah Tangga, dan anggarannya bersumber dari dana alokasi khusus (dak) pada tahun 2020 ini,”ujar.

Bagalani Alfari mengungkapkan, program tersebut dilaksanakan di Kecamatan Walea Kepulauan dan Kecamatan Una-Una. Untuk kecamatan walea kepulauan 5 Desa yaitu Desa Dolong A, Dolong B, Kolami, Tutung dan Desa Loe. Sedangkan untuk Kecamatan Una-Una yakni Desa Wakai.

“Program ini bertujuan untuk menciptakan sanitasi yang layak dan aman dalam penanganan limba rumah tangga pada masyarakat,”tuturnya.

Selain itu kata Bagalani, untuk menunjang kawasan pemukiman sebagai destinasi wisata.

Ia menambahkan IPAL yang dimaksud adalah Air limbah cair dan Air limbah padat. Dan dalam pembangunan IPAL ini anggaran yang diperuntukan per satu Desa mencapai Rp, 700 juta lebih.

“Jadi total anggarannya di 6 Desa dan 2 Kecamatan itu mencapai Rp, 4,2 miliyar. Dan dana ini merupakan dana stimulan sebagai contoh infrastruktur penanganan sanitasi, serta proses pekerjaannya secara swakelola oleh masyarakat setempat,”jelasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top