PT.BRM Diduga Buang Limbah Beton Ke Pinggir Jalan

Foto limbah beton PT.BRM yang dibuang ke pinggir jalan. Foto Bang Doel/deadline-news.com
0

 

 

Bang Doel (deadline-news.com)-Palu-PT.Balik Papan Ready Mix (BRM) yang memproduksi beton di Kelurahan Silae Kecamatan Ulujadi Kota Palu diduga membuang limbahnya ke pinggir jalan.

Pantauan deadline-news.com group detaknews.com Selasa (19/12-2022), sepanjang ruas jalan dari pertigaan BTN Silae terdapat sebagian buangan libah sisa campuran beton PT.BRM dibuang ke pinggir jalan.

Sehingga menghalangi air mengalir disaat musim penghujan. Akibatnya air meluber ke badan jalan, ruas jalan itupun makin parah kerusakannya.

Padahal ruas jalan yang menghubungkan kelurahan Silae Kota Palu dengan Desa Kalora Kecamatan Kinovaro Sigi itu memang sebagian sudah berlubang-lubang.

“Yang banyak berlubang ini terdapat di ruas jalan wilayah kota Palu, sekitar 300san meter yang mengalami kerusakan itu, dimana merupakan akses jalan dum truk pengangkut campuran beton dari Pabrik ke proyek RSUD Anutapura,”kata seorang warga Silae yang minta namanya tidak disebutkan.

Selain itu ruas jalan ini merupakan akses jalan dari Palu menuju Desa Kalora kecamatan Kinovaro Sigi.

Asse manager PT.BRM yang bergerak dibidang produksi beton ini, menjawab konfirmasi deadline-news.com Selas (19/12-2022), di kantornya mengatakan bukan cuman limbah perusahaannya yang dibuang ke pinggir ruas jalan itu.

“Tapi banyak juga warga membuang limbah dan sampah di pinggir jalan ruas Palu ke Kalora itu,”ujar Asse.

Disinggu mengapa limbah beton itu dibuang ke pinggir jalan yang notabene menghalangi akses air jika musim penghujan? Sedangkan ruas jalan itu sendiri berlubang-lubang, dan mestinya limbah itu digunakan untuk menutupi lumbang jalan?

Jawab Asse, sudah sering dilakukan. Bahkan sebelumnya ada lubang besar di tengah ruas jalan itu, telah kami timbun menggunakan sisa beton yang ada.

Menurutnya perusahaannya sering berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan Silae untuk memperbaiki jalan itu.

“Selain itu PT.BRM sudah mengantongi analisis dampak lingkungan (ANDAL) dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Palu,”ujar Asse.

Perusahaan yang memproduksi beton cor itu berdiri sejak bulan April 2022, dengan tujuan produksi ke Proyek RSUD Anutapura Palu yang sedang di Kerjakan PT.Adhi Karya. ***

Foto pabrik beton PT.BRM di kelurahan Silae Ulujadi. Foto Bang Doel/deadline-news.xom

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: