Walikota Janji Cairkan Stimulan Bagi 1.594 Rumah Rusak Berat

foto walikota palu Drs.Hidayat, M.Si serahkan bantuan ke pengurus masjid. foto humas/deadline-news.com
0

Ilong (deadline-news.com)-Palukotakailisulteng-Wali kota Palu, Drs. Hidayat, M.Si didampingi Sekretaris Daerah kota Palu,  Asri L. Sawayah, SH kembali melakukan Silaturahim Ramadhan di malam ke-23 Ramadhan Senin,(27/5- 2019) di Masjid Al-Mubarak, kelurahan Birobuli Utara.

Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut beberapa pimpinan OPD lingkup Pemerintah kota Palu seperti Kepala Bappeda Palu, Arfan, Kadis Informasi dan Komunikasi Palu, Ichsan Hamzah, Inspektur Inspektorat kota Palu, Didi Bakran, Kadisdikbud Palu, Camat Palu Selatan, dan Lurah Birobuli Utara.

Dalam sambutannya, Wali kota Hidayat menyampaikan pelaksanaan Silaturahim Ramadhan malam ini merupakan permintaan dari beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas).

“Sebenarnya, kegiatan ini telah dilaksanakan sebelumnya selama empat hari sejak tanggal 16-19 Mei 2019 lalu,”kata Walikota Hidayat.

Lebih lanjut, Wali kota Hidayat kembali menyampaikan bahwa sudah sekitar delapan bulan pascabencana Gempa Bumi, Tsunami, dan Likuifaksi terjadi di kota Palu pada tanggal 28 September 2018 silam.

Banyak masyarakat, katanya yang sampai hari ini masih tinggal di tenda-tenda pengungsian.

“Ini semua yang lagi diupayakan oleh Pemerintah kota Palu agar mereka mendapatkan tempat tinggal yang lebih layak. InsyaAllah dalam waktu dekat kita akan mencairkan dana stimulan tahap pertama untuk 1.594 rumah rusak berat,” katanya.

Oleh karena itu, Wali kota Hidayat mengimbau agar masyarakat tidak saling caci-maki, saling hina, bahkan saling hujat. Hal tersebut, katanya tidak akan menyelesaikan masalah yang saat ini dihadapi kota Palu.

“Mari kita doakan agar saudara-saudara kita diberi ketabahan menghadapi musibah yang sangat luar biasa ini. Dan semoga kami Pemerintah diberi kemudahan menyelesaikan masalah tersebut,” lanjutnya.

Meskipun demikian, menurut Wali kota Hidayat kondisi kota Palu saat ini sudah lebih baik pascabencana. Salah satu upaya cepat yang dilakukan oleh Pemerintah yaitu memperbaiki jalan raya yang rusak berat setelah 14 hari pascabencana. Walaupun, katanya saat itu resiko yang dihadapi sangat besar dari segi pendanaannya.

“Sudah 90 persen jalan sudah kita perbaiki dibanding daerah-daerah lainnya, walaupun belum 100 persen,” ungkap Wali kota.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Wali kota Hidayat juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para tokoh agama, masyarakat, dan tokoh pemuda yang mampu meredam kondisi kota Palu agar tetap aman, damai, dan sejuk pasca penetapan hasil Pemilu 2019 oleh KPU beberapa waktu lalu.

Silaturahim Ramadhan bersama Ormas Keagamaan ini rencananya akan dilaksanakan selama empat hari kedepan sejak tanggal 27-30 Mei 2019 di empat Masjid yang ada di kelurahan Birobuli Utara, Petobo, dan kelurahan Palupi. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: