Walikota Hidayat Serahkan Data Penerima Jadup ke Kemensos RI

Nanang (deadline-news.com)-Palusulteng-Wali Kota Palu, Drs Hidayat M.Si menyerahkan langsung data Jaminan Hidup. (Jadup) tahap lanjutan kota Palu ke Kementerian Sosial RI di Jakarta.

Penyerahan data Jadup tersebut dilaksanakan di kantor Kemensos RI jalan Salemba Raya no 28 Jakarta Pusat pada Selasa (3/12-2019).

Ikut pula mendampingi Kepala Bappeda Kota Palu, Drs Arfan M.Si, Kepala Dinas Sosial Kota Palu, Romy Sandi Agung beserta pejabat pemkot palu lainnya.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI, Rachmat Koesnadi S.Sos M.Si yang didampingi Kasubdit pemilihan dan penguatan sosial korban bencana alam Kemensos RI, Dra Sunarti M.Si merespon baik atas penyampaian data Jadup tahap lanjutan kota palu.

Menurut Rachmat, bahwa Kemensos RI sangat berterimakasih kepada pemkot palu dibawah kepemimpinan wali kota palu Drs Hidayat M.Si dengan memberi perlindungan kepada warganya.

Dengan harapan agar anggaran Jadup sedapat mungkin bisa dioptimalkan tak hanya bagi kota palu saja namun kabupaten lainnya yang juga berdampak bencana juga bisa mengoptimalkan.

Setelah mempelajari data Jadup tahap lanjutan kota palu pihak Kemensos RI bisa menerima dari usulan awal Pemerintah Kota Palu sebesar 39.137 jiwa, yang terealisasi dari Kemensos RI sebesar 36.970 jiwa.

Sedangkan usulan usulan tambahan gelombang VI sebesar 3.127 jiwa juga segera diakomodir oleh pihak Kemensos RI.

Wali Kota Palu, Drs Hidayat M.Si mengaku berterimakasih kepada pihak Kemensos RI yang langsung merespons dengan baik data Jadup tahap lanjutan kota palu ditamba lagi dengan data usulan tambahan gelombang IV juga bisa diterima dengan sangat baik.

Wali kota palu juga menyerahkan ke pihak Kemensos RI usulan daftar pengungsi baru penerima dana Jadup tahap II korban bencana alam gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di kota Palu sejumlah 25.272 jiwa atau 6.627 KK dan telah ditetapkam dalam keputusan wali kota palu no 160/914.a/Dinsos/2019 tanggal 26 november 2019 tentang data penerima Jadup korban bencana alam kota palu tahap ke II tahun 2019.

Sebut wali kota palu lagi, sampai saat ini ahli waris korban jiwa kota palu yang melengkapi persyaratan administrasi sejumlah 2.670.

Untuk santunan duka pemerintah pusat telah mengalokasikan dana bantuan hibah luar negeri untuk korban jiwa bencana alam kota palu sejumlah 1.383 jiwa yang merupakan tahap 1 dan telah disalurkan kepada ahli waris korban jiwa.

Sehingga Pemkot Palu menyampaikan usulan santunan duka tahap II korban jiwa yang belum memdapatkan santunan duka sejumlah 1.287 jiwa ke Kemensos RI.

Dan pihak Kemensos RI juga meresponnya dengan sangat positif dan sesegera mungkin untuk menindaklanjutinya. Dalam kesempatan tersebut hadir pula dari pihak bank yang menjadi penyalur untuk warga penerima Jadup melalui rekening. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top