Walikota Hidayat Resmikan Puskesmas Nosarara

Ilong (deadline-news.com)-Palusulteng-Wali kota Palu,Drs. Hidayat, M.Si didampingi Kepala Dinas Kesehatan kota Palu, dr. Husaema meresmikan langsung Gedung Puskesmas Nosarara, kelurahan Pengawu Kamis, (5/3-2020).

Dalam sambutannya, Wali kota menyatakan bahwa peresmian Puskesmas ini merupakan salah satu upaya Pemerintah kota Palu dalam memprioritaskan bidang kesehatan khususnya pascabencana Gempa, Tsunami, dan Likuifaksi tanggal 28 September 2018 silam.

Selain itu, katanya dalam bidang kesehatan yang menjadi salah satu fokus Pemerintah kota Palu, juga diupayakan adanya penambahan jam pelayanan kesehatan secara gratis di seluruh Puskesmas jajaran Pemerintah kota Palu dari pukul 16.00 hingga 20.00.

“Saya minta memang Puskesmas sampai malam. Dengan berbagai keterbatasan anggaran kita, kita coba maksimalkan. Alhamdulillah kita bisa gratiskan pelayanannya sampai malam. Saya kira di seluruh Indonesia, baru kota Palu yang menambah jam pelayanan sekaligus menggratiskan pelayanan kesehatan,” katanya.

Wali kota mengajak seluruh komponen masyarakat maupun pegawai Puskesmas Nosarara untuk menjaga dan merawat dengan baik gedung Puskesmas yang baru diresmikan tersebut.

“Mudah-mudahan tahun depan lagi kita buat pagarnya supaya terlihat bagus lagi ini Puskesmas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan kota Palu menyampaikan bahwa Puskesmas Nosarara ini merupakan Puskesmas perawatan, sehingga jika masyarakat mengalami gangguan kesehatan tidak perlu langsung ke rumah sakit karena bisa dirawat terlebih dahulu di Puskesmas Nosarara.

Ia juga mengatakan sebanyak 375 tenaga kesehatan di kota Palu baik dokter, bidan, dan staf lainnya, mendapatkan jatah BBM setiap harinya, termasuk 63 orang tenaga di Puskesmas Nosarara.

“Itu semua dari APBD kita dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan kota Palu,” tandasnya.

Selain peresmian Gedung Nosarara, kegiatan kali ini juga sekaligus meresmikan Gedung Puskesmas Birobuli, Ruang Bersalin Puskesmas Sangurara, dan Ruang Bersalin Puskesmas Singgani yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali kota Palu. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top