Selama 2019, Dinas PU Palu Bangun-Rehab Ruas Jalan 45.986 Km

Sugiarto (deadline-news.com)-Palusulteng- Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Palu Moh Nur Larisa menjawab deadline-news.com di ruang kerjanya Kamis (20/2-2020), mengatakan dalam tahun anggaran 2019, Dinas Pu telah membangun 45.986 kilometer (KM) dari total panjang ruas jalan 851.558 kilometer dalam kota Palu.

Foto Kabid Binamarga Moh.Nur Larisa. foto Sugoarto/deadline-news.com

Pembangunan ruas jalan baru tentunya potensi untuk pertubuhan ekonomi baru. Seperti jalan lingkar luar yang menghubungkan Tondo dengan Kawatuna. Disini berpotensi melahirkan pertumbuhan ekonomi baru pasca bencana Palu, Sigi dan Donggala 28 September 2018.

foto ruas jalan Asam II dan III sedang dikerjakan. nampak alat berat berada di lokasi dan mobil pejabat kota sedang melintas. foto Bang Doel/deadline-news.com

Terkait jumlah anggaran, Moh. Nur Larisa mengungkapkan, bahwa selama perbaikan jalan di tahun 2019, Dinas PU menggunakan dua sumber dana yaitu anggaran pendapatan dan belanjar daerah (APBD) dan anggaran pendapatan dan belanja Negara (APBN) 2019.

foto ruas jalan Jabal Nur perlu perbaikan. foto Bang Doel/deadline-news.com

APBN merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK), digunakan untuk pembangunan jembatan Palu V, dengan jumlah sekitar Rp,30an Miliyar. Sementara APBD seluruhnya di gunakan untuk pembangunan dan rehabilitasi ruas jalan dalam kota Palu.

foto ruas jalan glatik perlu perbaikan karena sudah sangat rusak parah. foto Bang Doel/deadline-news.com

“Jika mengharapkan dana APBD untuk pembangunan dan peningkatan ruas jalan di kota Palu saya rasa tidak akan cukup, karena jumlah ruas jalan di Kota Palu yang harus di tangani sangat banyak jumlahnya sekitar 1.462 ruas jalan dengan panjang 851,558 Km,”jelasnya.

Dia juga menjelaskan jalan yang tersentuh dan dilakukan perbaikan dan peningkatan baru sekitar 45.986 Km, olehnya jika mengharapkan dana APBD masih sangat kurang dan jauh dari target.

Guna memberikan kelancaran dan kenyamanan bagi pengguna jalan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu melalui Bidang Bina Marga selama tahun 2019, telah melaksanakan program perbaikan dan peningkatan ruas jalan yang rusak, sepanjang 45.986 Km.

Hingga Desember 2019, Moh. Nur Larisa mengatakan pihaknya telah memperbaiki ratusan km jalan, yang berada di 8 kecamatan di Kota Palu.

‚ÄúSudah Ratusan Kilometer jalan yang telah selesai kita perbaiki selama tahun 2019,” ungkapnya.

Ia menambahkan, di tahun ini kami sedang fokus kepada pembangunan sejumlah jembatan baik pembangunan jembatan baru yaitu jembatan Palu V dan pembangunan kembali jembatan Palu IV yang rubuh akibat gempa 2018 silam. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top