Prof Zainal Abidin : Idul Adha Jalan Kesalehan Sosial

foto Walikot Palu Drs.Hidayat, M.Si bersama jamaah salat Idul Adha 1440 H di Duyu. foto humas/deadline-news.com
0

Ilong (deadline-news.com)-Palusulteng-Wali kota Palu Drs. Hidayat, M.Si melaksanakan Sholat Idul Adha 1440 H/ 2019 M di Lapangan Gawalise, kelurahan Duyu, kota Palu Ahad (11/8- 2019).

Dalam Sholat Id kali ini yang bertindak selaku Khatib yaitu Ust. Prof. KH. Zainal Abidin yang juga merupakan Ketua MUI kota Palu dan selaku Imam yaitu Ma’sum Rumui yang juga sebagai Kepala Kemenag kota Palu.

Ust. Prof. Zainal dalam khutbahnya mengatakan Idul Adha sejatinya merupakan kesinambungan jalan kesalehan sosial spiritual dari Idul Fitri. Jika Idul Fitri merupakan manifestasi kemenangan atas nafsu, maka Idul Adha merupakan manifestasi dari ketulusan berkorban, kerendahanhatian untuk melakukan refleksi historis dalam mengenang perjuangan dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS sekaligus memaknai nilai-nilai spiritual dari manasik haji.

“Kedua hari raya tersebut, bermuara pada nilai-nilai kepedulian, ketakwaan, dan kesalehan sosial berupa ketulusan memaafkan, pentingnya silaturrahim, dan etos berbagi,” jelasnya.

Di akhir khutbahnya, Ketua MUI kota Palu berpesan agar meresapi dan mengamalkan pesan pengorbanan yang terkandung dalam Idul Qurban ini. Mari kita tanamkan kearifan dalam menyikapi kebhinnekaan sebagaimana yang disimbolkan dalam riitual Haji. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: