Gempa Bangkep Berpotensi Tsunami

foto peringatan dini BMKG. foto dok BMKG/deadline-news.com
0

foto peta lokasi gempa oleh BMKG. foto dok BMKG/deadline-news.com

Bang Doel (deadline-news.com)-Palusulteng-Gempa Bumi dengan kekuatan 6,9 magnitudo yang berpusat di kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Jum’at malam (12/4-2019), berpotensi tsunami.

Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 kilometer, 1,90 Lintang Selatan, dan 122.54 barat daya atau 85 kilometer barat daya Bangkep Sulteng. Demikian informasi yang teraupdate di situs BMKG.

Dalam situs BMKG itu tertulis peringatan potensi tsunami diteruskan ke masyarakat. Guncangan gempa bumi di Bangkep itu, dapat dirasakan di Luwuk Banggai, Banggai Laut, Touna dan termasuk kota Palu. Padahal jarak kota palu dengan Bangkep sekitar 319,09 kilometer.

Berselang beberapa menit kemudian BMKG meralat lagi pengumumannya dari berpotensi tsunami menjadi tidak berpotensi tsunami. Kondisi masyarakat di Luwuk sampai tayang berita ini, masih berlarian ke luar rumah.

Kapolres Banggai AKBP Mochmmad Soleh yang dikonfirmasi mengatakan masyarakat tetap dihimbau naik keatas diketinggian, khususnya masayarakt yang berada didekat pantai.

“Saat ini masyarakat kami himbau naik ketempat-tempat yang lebih tinggi. Dan sebagian mereka berada di Polres Banggai, karena bagaimanapun masyarakat masih trauma dengan kejadian bencana Palu, Donggala dan Sigi 28 September 2018,”ujar Kapolres yang humanis itu. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: