Berada di Lokasi Asset BWSS III, Kejati Usut Proyek Jalan di Dinas PU Palu

Bang Doel (deadline-news.com)-Palusulteng- Asiten Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tengah, mulai melakukan pengusutan proyek jalan di Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu. Pasalnya proyek peningkatan jalan diareal tanggul Selatan tembus ke jalan Telaga Raya Petobo Kecamatan Palu Selatan itu, diduga merupakan asset Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) III yang berkedudukan di Palu.

Jalan yang sedang dikerjakan pelebaran dan pengaspalannya oleh Dinas PU Kota Palu itu, merupakan jalan Inspeksi saluran air Bendungan Gumbasa dari Sigi yang bermuarah di dalam kota Palu. Jalan dan irigasi gumbasa itu merupakan satu kesatuan dibawah wewenang BWSS III.

Fungsi jalan Inspeksi itu merupakan jalur memudahkan pembuangan tanah, ketika terjadi sedementasi (Pendangkalan/pengendapan) seperti yang terjadi saat ini. Akibat pengendapan material di saluran air itu, menimbulkan luapan air ke rumah-rumah penduduk dan badan jalan.

Ironisnya saat pengerukan material (Pasir bercampur tanah) tempat pembuangannya sebagian dilakasi masyarakat. Padahal aturannya 20 meter dari saluran tersebut masih bagian lokasi irigasi Gumbasa itu.
Tapi saat ini dikusai oleh Dinas PU kota Palu dengan membangun pelebaran jalan yang merupakan asset BWSS III.

Kasi II Intelijen Kejati Tony Marpaung, SH, MH yang dikonfirmasi di ruangan Kasi Pengkum/humas Kejati Andi Rio Rahmatu, SH membenarkan pihaknya tengah melakukan pengumpulan data (Puldata). Bahkan dirinya sudah turun mengecek langsung ke lapangan.

“Saya sudah turun ke lapangan, dimana lokasi proyek pembangunan jalan oleh PU Kota Palu yang berada dilokasi BWSS III,”ujar Tony.

Sebelumnya kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu Singgih B Prasetiyo yang dikonfirmasi via pesan singkat di nomor handponnenya mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak BWSS III.

“Kami sdh berkoordinasi sebelumnya dg BWSS 3 ttg mslh itu. Mslh administrasi sdg dlm proses. Dan masih dirumuskan status yg terbaik kedepan. Status utk smntara ini pinjam pakai. Tks,”tulis Kadis PU Pemkot Palu Singgih B Prasetiyo.

Sekretaris BWSS III Sulteng – Sulbar Muhammad Rizal yang dikonfirmasi via whatsapp sampai berita ini naik tayang tidak diperoleh keterangannya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *