Wakapolda Sulteng Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi di Lokasi Peringatan HKN

0

 

Rahmadi M (deadline-news.com)-Tolitoli – Wakapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) BRIGJEN. Hery Santoso Sik, MH bersama Direktur Polairud Polda Sulteng KOMBES Pol. Indra Rathana dan didampingi Kapolres Tolitoli AKBP. Budi Batara Pratidina, Sik.MH, memonitoring pelaksanaan vaksinasi dilokasi peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 yang di gelar di UPT Puskesmas Galang, jumat (12/11-2021).

“Kami hanya memonitoring pelaksanaan Vaksinasi dan mengevaluasi pencapaiannya serta memberikan petunjuk untuk tehnis, edukasi, sosialisasi dan maping lokasi untuk prioritas dan pencapaian target percepatan pelaksanaannya,” kata Wakapolda.

Capaian vaksinasi di Kabupaten Tolitoli, lanjut Wakapolda Sulteng, masih terbilang rendah termasuk capaian rata – rata di kabupaten yang ada di Sulteng yakni baru sekitar 44 persen, sehinggah tujuan kunjungannya ke Tolitoli untuk memonitoring dan memberikan edukasi ke masyarkat sehinggah vaksinasi bisa tercapai sesuai progres yang di harapkan.

“Kegiatan Vaksin ini dan Edukasi ke masyarakat merupakan kegiatan kemanusiaan yg sudah menjadi perintah pimpinan tertinggi Negri ini Yakni Presiden dan kebijakan Kapolri yg harus di tindak lanjuti, oleh Seluruh Komponen Bangsa dan sebagai Garda terdepan Polri dan TNI, Dinas Kesehatan dan Pemerintah Daerah, serta dukungan Elemen dan komunitas serta Potensi Yg ada di masyarakat, untuk menggenjot pelaksanaan vaksinasi,” jelas Wakapolda Sulteng.

Sebelum monitoring Wakapolda bersama rombongan. Kegiatan HKN ke 57 di upacarakan di halaman UPT Puskesmas Galang, Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya selaku Inspektur upacara saat menyampaikan sambutannya mengatakan dengan adanya Hari Kesehatan Nasional ke-57 yang di gelar setiap 12 November, pemerintah daerah mengharapkan jadikan HKN sebagai momentum untuk kembali mengedukasi mengubah prilaku, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi covid-19.

Bupati juga mengapresiasi kepada suluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penanganan covid-19 dan vaksinasi, Dalam kesempatan HKN ini mengucapkan terimah kasih dan penghargaan kepada segenap jajaran kesehatan lintas sektoral pusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu tanpa mengenal lelah dalam penanganan covid-19.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan dan khususnya tenaga kesehatan untuk meningkatkan target vaksinasi Covid-19,”pungkas Bupati.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Tolitoli Anjasmara,S.Pt.Mp saat menyampaikan paparannya mengatakan bahwa pelaksanaan vaksin di kabupaten Tolitoli berjalan dengan lancar.

Namun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan vaksin yakni keterbatasan obat vaksin jenis Sinovac dan Kendala dalam admitrasi pengimputan data masyarakat terkendala dalam jaringan internet serta akan mengupayakan mencapai target tahun 2021 pelaksanaan vaksin di kab. Tolitoli mencapai 75 % dan saat ini pencapaian masih kurang lebih 45%.

Saat ini tempat pelaksanaan vaksinasi berjumlah 19 titik yang ada di kab. Tolitoli.

Pelaksanaan vaksin di masing-masing puskesmas dan tiga titik diluar puskesmas yakni RSUD Mokopido Tolitoli, Polres Tolitoli dan Rs. Hj. Subaidah di Malala kec. Dondo masih berjalan aman dan lancar.

“Untuk target hari ini untuk pelaksanaan vaksin di khususkan kepada lansia dan ibu hamil,”ujar Kadis Kesehatan. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: