Realisasi Penerimaan Pajak di KPP Pratama Palu Capai 82,51 Persen

0

 

Bang Doel (deadline-news.com)-Palusulteng-Realisasi penerimaan pajak pada kantor pelayanan pajak (KPP) pratama Palu Sulawesi Tengah telah mencapai Rp,1,097,33 Triliun dari target Rp,1,329,86 Triliun atau 82,51 persen per 31 Oktober 2021.

Foto Kepala kantor pelayanan pajak pratama Palu Bangun Nur Cahyah Kurniawan. Foto Bang Doel/deadline-news.com

 

Hal itu terungkap dalam diskusi santai Kepala KPP Pratama Palu Bangun Nur Cahyah Kurniawan dengan para jurnalis bertemakan “Ngopi Bareng Media” di Tanaris Caffe Selasa malam (16/11-2021).

Menurutnya seiring melandainya covid19, sektor-sektor sumber pajak mulai tumbuh di Sulawesi Tengah umumnya dan kota Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong khususnya yang merupakan wilayah kerja KPP Pratama Palu.

“Kontribusi tertinggi adalah perdagangan besar mencapai 37,75 persen. Administrasi pemerintah berada pada 17,78 persen dan sektor jasa keuangan 15 persen. Sedangkan pertumbuhan tertinggi adalah perdagangan besar mencapai 88,54 persen. Kemudian transportasi dan pergudangan 45,92 persen. Kemudian kegiatan jasa lainnya mencapai 41,05 persen,”ujar lelaki sedikit gondrong dengan mengikat rambutnya dan berkacamata minus itu.

Lelaki hoby seni musik dan nyanyi itu menjelaskan dari 4 sektor jenis pajak yakni pajak penghasilan, PPN dan PPnBM, PBB dan BPHTB serta pajak lainnya mengalami kenaikan per 31 Oktober 2021 sebesar Rp, 1,097,33 Triliun jika dibandingkan tahun 2020 yang hanya Rp,862,89 miliyar.

Bangun menerangkan bahwa sektor UMKM juga tumbuh di daerah ini sebesar 6,97 persen per 31 Oktober 2021 dibandingkan tahun 2020, benar-benar mengalami penurunan akibat pandemi covid19.

Sementara itu ketua PWI Sulteng Mahmud Mattangara,SH mengapresiasi langkah Kepala KPP Pratama Palu membangun komunikasi dan sinergi dengan media (jurnalis).

“Karena selama Indonesia merdeka baru kali pertama ada kepala KPP Pratama Palu mau berkomunikasi dan bergaul dengan insan pers (media). Semoga pertemuan ini dapat meningkatkan komunikasi dan sinergi antara KPP Pratama Palu dengan kawan-kawan pers sehingga informasi perpajakan dapat disampaikan ke masyarakat luas,”tutur ketua PWI yang juga ketua SMSI Sulteng itu.

Selain ngopi bareng dan makan malam, para pewarta itu juga mendapatkan supenir dari KPP Pratama Palu berupa tas pinggang merek EIGER, buku, pulpen dan data informasi tentang penerimaan pajak persektor di 4 daerah yakni kota Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: