Partai NasDem Minta Pemerintah Alokasi APBD 2020 Fokus Ke Rehab-Rekon

foto ketua DPW Partai Nasdem Sulteng Atha Mahmud. foto Ahmad Muchsin/deadline-news.com
0

Antasena (deadline-news.com)-Palusulteng-Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Provinsi Sulawesi Tengah meminta agar Pemerintah Daerah memfokuskan APBD 2020 pada Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi korban bencana.

“Kami minta agar Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota memfokuskan APBD 2020 pad percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi,” ujar Atha Mahmud, Ketua DPW Partai NasDem Sulawesi Tengah.

Menurut Atha Mahmud, tidak ada agenda yang paling mendesak di Sulawesi Tengah saat ini selain percepatan proses pemulihan pasca bencana yang berbasis pada rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Kalau merujuk pada rehab rekon sebagian besar urusan infrastruktur dan perbaikan sarana umum sudah masuk dalam anggaran terpilah dari APBN. Jadi APBD itu sebaiknya fokus mengurus urusan sosial ekonomi warga,” tegas Atha.

Atha menilai sepertinya terjadi kesalahpahaman memahami proses pasca bencana. Sebab, ada kesan Pemerintah daerah menganggap semua urusan rehab rekon tercover dalam APBN atau pemerintah pusat.

Padahal kata Atha, pemahaman semacam itu, membuat proses pemulihan warga, terutama penyintas menjadi terkatung-katung.

“Tidak bisa ditawar lagi. APBD harus digunakan untuk mempercepat proses pemulihan. Semua rencana harusnya dilakukan atas dasar tujuan pemulihan,” pungkas Atha. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: