New Normal Life Diberlakukan, Pasien Positif COVID19 Bertambah

 

Mahdi Rumi (deadline-news.com)-Tolitolisulteng-Diduga akibat diberlakukannya new normal life (kehidupan Baru) di kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah, 3 orang warga Tolitoli kembali dinyatakan positif covid19.

Ke 3 orang yang positif covid19 itu, sesuai hasil swab yang dikirim dari Lab Kes Makassar Sulsel Sabtu pagi (13/6-2020).

Ke 3 orang yang dinyatakan positif covid19 ini, merupakan hasil kontak pasien covid19 yang pernah dirawat dan dikarantina di SKB yang beberapa hari lalu dilepas oleh Bupati Tolitoli Moh.Saleh Bantilan,SH, MH, setelah dinyatakan sembuh hasil swab pcr ke duanya.

Namun masih menunggu hasil swab ke tiga, tapi sudah terlanjur dilepas beberpa waktu lalu oleh Bupati Tolitoli Ale Bantilan setelah hasil swab pcr ke duanya dinyatakan negatif.

Padahal masih menunggu swab ke tiga, demikian penjelasan Kadis kesehatan Tolitoli Drs. Bakri Idrus, Apt, MM menjawab dikonfirmasi deadline-news.com lewat telepon genggamnya Sabtu (13/6-2020) di Tolitoli.

“Iya pak, kita kembali 3 orang yang terkonfirmasi positif covid19 hasil pemeriksaan swab pcr di labkes Makassar Sulsel. Ke 3 orang yang postif covid19 itu, berasal dari kecamatan Dondo, yakni 2 orang dari Tinabogan dan satu orang dari Malomba,”ujar Bakri.

Menurutnya yang dari Tinabogan itu, 1 orang dari tenaga perawat dimana pernah membantu persalinan salah satu pasien covid19 di kecamatan itu.

“Diketahui ibu yang melahirkan itu memiliki riwayat kontak dengan suaminya yang juga pasien covit19. Kemudian ada juga 1 orang pegawai PLN di Tinabogan yang terkonfirmasi positif covid19, yang tertular dari rekannya yang positif covid19 beberapa waktu lalu,”jelas Bakri.

Kata Kadis kesehatan Tolitoli sebenarnya pasien positif covid19 yang sudah dinyatakan sembuh dan dilepas oleh pak Bupati Ale beberapa waktu lalu sebanyak 9 orang.

Ditambahkan Bakri Idrus, bahwa melihat perkembangan pasien covid19, khusus di kecamatan Dondo memiliki cara penularan dari orang ke orang. Sehingga khusus di kecamatan Dondo itu bisa diberlakukan daerah transmisi lokal.

“Ke Tiga orang yang terkonfirmasi positif covid19 hari ini sesuai pemeriksaan swab pcr yang dikirim tanggal 3 Juni 2020 lalu, dalam kelompok 76 orang. Sementara di tanggal 8 Juni 2020 lalu juga terkirim pemeriksaan swab pcr sebanyak 35 orang dan hasilnya belum diperoleh dari labkes Makassar Sulsel,”tutur Bakri.

Ia menambahkan bahwa pihaknya, sebelumnya telah memberi pertimbangan agar pasien covid19 yang dikarantina belum bisa dilepas dan dinyatakan sembuh. Karena masih menunggu hasil swab pcr ke tiga. Namun sudah terlanjur dipulangkan.

Kata bakri bahwa Sabtu pagi (13/6-2020), seorang anak umur 4 tahun yang berasal dari kecamatan Dondo yang sebelumnya pernah dinyatakan positif covid19 beberapa waktu lalu, terpaksa dirujuk ke RSUD Mokopido Tolitoli, setelah diketahui bocah itu mengalami demam, sesak nafas dan sakit tenggorokan.

Sedangkan ke 3 pasien yang baru terkonfirmasi positif covis19 itu, masih menjalani karantina mandiri di rumahnya masing-masing, karena belum menampakkan gejala sakit. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top