Lukman Said : Bupati Harus Bersikap Tegas

Foto Ketua Adkasi Lukman Said saat melayani wawancara para wartawan. Foto tangkapan layar FB Lukman Said/deadline-news.com
0

 

Bang Doel (deadline-news.com)-Pasangkuyusulbar-Ketua Fraksi PDIP DPRD Pasangkayu Sulbar H.Lukman Said, S.Pdi, M.Pdi menjawab deadline-news.com via messenger Selasa petang (19/4-2022), mengatakan Bupati Pasangkayu Sulbar Yaumil Ambo Djiwa,SH harus bersikap tegas terhadap Sekretaris daerah Firman.

Pasalnya kata ketua asosiali DPRD Kabupaten suluruh Indonesia (ADKASI) itu, kelihatannya pemerintah daerah kabupaten Pasangkayu sudah tidak kompak didalam memberikan pelayanan ke masyarakat dan melaksanakan tugas-tugas pokok pemerintahan.

“Sekda Firman jalan sendiri, bupati jalan sendiri. Olehnya agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik baik, maka antara Bupati, Wakil Bupati dan Sekda harus kompak,”kata politisi PDIP itu dengan nada menyarankan.

Menurutnya Bupati, Wakil Bupati dan Sekda adalah tiga serangkai yang tidak boleh terpisah dan harus kompak dibawah komando Bupati.

“Bupati Yaumil tidak boleh membiarkan kondisi ini berlarut-larut. Harus segera mengganti Sekda dan menunjuk pejabat sekda yang loyal dan dapat bersinergi dengan bupati untuk menjalankan program-program pemerintahan sesuai visi dan missi Bupati,”jelas mantan ketua DPRD Pasangkayu itu.

Hal senda juga dikatakan pegiat antikorupsi Anwar Hakim.

Anwar menegaskan Bupati selaku user berhak dan berwewenang mengganti sekda kapan saja.

“Kalau Sekda Firman sudah jalan sendiri tidak loyal terhadap Bupati Yaumil selaku pimpinan daerah, ya Bupati harus segera mengusulkan ke Gubernur dan Gubernur meneruskan ke Mendagri untuk pergantian Sekda. Minimal segera menunjuk pelaksana tugas atau pelaksana haria (PLT atau PLH) Sekda. Sehingga tugas-tugas pokok pemerintahan dan pelayanan publik segera berjalan,”tandas Anwar.

Anwar mencontohkan beberapa kepala daerah mengganti Sekdanya karena sudah tidak loyal dan jalan sendiri.

“Bupati Pasangkayu harus bersikap dan bertindak tegas seperti Bupati Morowali, Bupati Tojo Unauna tiba – tiba langsung lenserkan sekdanya dan menunjuk PLH. Dan itu no problem oleh karena bupati itu adalah merangkap selaku PPK,”ujar Anwar. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: