Anggota KPU Diminta Pandai Menulis Soal Kepemiluan

foto Drs.Tasrif Siara, M.Si saat memberikan materi di KPU Palu. foto Bang Doel/deadline-news.com
0

foto anggota dan staf KPU Kota Palu menerima materi. foto Bang Doel/deadline-news.com

 

Bang Doel (deadline-news.com)-Palusulteng-Drs.Tasrif Siara, M.Si meminta anggota komisi pemilihan umum (KPU) pandai menulis soal kepemiluan.

Sehingga ketika selesai masa tugasnya di KPU dapat menulis buku tentang kepemiluan yang dapat menjadi pembelajaran demokrasi di kota Palu khususnya dan Indonesia secara umum.

Hal itu ditegaskan mantan panitia seleksi (Pansel) penerimaan anggota KPU Palu dan Sulteng itu pada acara peningkatan kapasitas kelembagaan dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Palu tahun 2020 yang berintegritas, Demokratis dan berkualitas.

Kegiatan tersebut digelar oleh KPU Kota Palu dan berlangsung di Hotel Santika Selasa (10/12-2019).

Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid,SE menjelaskan bahwa Kapasitas kelembagaan umumnya dipahami adalah upaya mengembangkan keahlian dan keterampilan.

“Program peningkatan kapasitas ini, didesain untuk kemampuan dalam mengevaluasi pilihan-pilihan kebijakan dan menjalankan keputusan-keputusan secara efektif,”beber Agus.

Agus menerangkan kapasitas dapat juga dipahami sebagai kemampuan individu, organisasi atau sistem untuk menjalankan fungsi sebagaimana mestinya secara efektif, efisien dan terus menerus.

“Kapasitas sebagai kemampuan, keterampilan, pemahaman, sikap, nilai-nilai, hubungan, perilaku, motivasi, sumber daya, dan kondisi-kondisi yg memungkinkan setiap individu, organisasi, jaringan kerja/sektor, dan sistem yang lebih luas untuk melaksanakan fungsi-fungsi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan,”terang ketua KPU itu.

Kata Agus hal ini dapat dilihat dari capacity building sebagai tugas khusus, karena tugas khusus tersebut berhubungan dengan faktor-faktor dalam suatu organisasi.

“Oleh sebab itu menyadari kondisi objektif kelembagaan dalam optimalisasi peran dan tugas, maka KPU Kota Palu memandang perlu untuk menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan dalam pemilihan yang demokratis, berintegritas dan berkualitas,”tuturnya.

Agus mengungkapak ada tiga hal yang menjadi tujuan dan perlu dicapai dalam kegiatan ini, yakni :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta tentang pengembangan diri, merumuskan dan menganalisa isu yg berkembang di masyarakat.

  2. Meningkatkan pengetahuan peserta tentang tahapan-tahapan dan strategi yg harus dilakukan dilingkungan KPU Kota Palu dlm rangka Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu tahun 2020.

  3. Meningkatkan komitmen KPU Kota Palu dlm meningkatkan pelayanan dan pengelolaan informasi dan dokumentasi bagi masyarakat umum, masyarakat profesional dan peserta pemilihan.

Selain Tasrif Siara alias Acip sebagai pembicara, juga hadir Basri Marsuki dengan materi cara membuat grafis atau layout (perwajahan) pada sebuah buliten KPU atau website sehingga menarik untuk dilihat ataupun dibaca.

Hadir sebagai peserta ketua, anggota dan staf KPU Kota Palu. Kegiatan itu dijadwalkan berlangsung dari pagi yakni sejak pukul 8:00 wita hingga 17:30 wita. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: