10 OTG Jadi ODP Diisolasi di Asrama Haji Palu

 

Antasena (deadline-news.com)-Sebanyak 10 orang tanpa gejala (OTG) jadi orang dalam pemantauan (ODP), setelah diisolasi secara mandiri di kediamannya masing-masing. Demikian dikatakan PLT Direktur RSUD Anutapura Palu drg.Herry Muliyadi, M.Si menjawab deadline-news.com Kamis malam (23/4-2020) sekitar pukul 23:55 wita via messenger di face booknya.

Menurutnya setiap OTG, ODP ataupun pasien dalam pengawasan (PDP) harus diisolasi 14 hari. Jadi kalau mereka sudah menjalani 4 hari atau 7 hari isolasi mandiri di kediamannya masing-masing, lalu diambil atau mereka sendiri datang untuk diisolasi di ruangan penanganan khusus covid19, tinggal dihitung sisa hari yang akan dijalaninya sembari menunggu hasil SWABnya, apakah positif atau negatif?

Ke 8 orang yang sebelumnya OTG menjadi ODP itu Kamis siang (23/4-2020) mereka di bawa ke Asrama haji untuk dilakukan isolasi dan perawatan. Mereka diketahui memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah. Dan malam tadi sekitar pukul 19:30 wita ada 2 orang lagi, sehingga mereka 10 orang yang masuk ke Asrama Haji Palu untuk diisolasi dan dirawat.

“Sebenarnya yang masuk ada 8 orang yakni ODP dewasa 6 orang, anak-anak 1 orang dan Ibu Hamil (Bumil) 1 orang. Dan tadi masuk lagi 2 orang, sehingga jumlahnya yang OTG jadi ODP 10 orang,”jelas lelaki berkaca mata minus itu.

Sebelumnya Kabag Humas dan Protokol Pemkot Palu Gunawan menjawab konfirmasi deadline-news.com di ruangan walikota Palu Kamis siang (23/4-2020), mengatakan sebenarnya lebih berbahaya yang OTG untuk menjadi media penularan covid19. Sebab mereka tidak diketahui. Apalagi jika mereka pernah kontak anggota tubuh atau bersentuhan dengan yang terpapar covid19.

Salah satu contohnya R adik almahrum Z yang saat ini positif covid19 dan sedang menjalani isolasi dan perawatan di RSUD Anutapura. Sebelumnya R ini OTG, tapi belakangan setelah dilakukan repid test yang bersangkuta ternyata positif, karena memang pernah kontak anggota tubuh dengan almahrum kakaknya. ***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top