Wartawan Pulitzer, Zero Dark Thirty dan Misteri Kebohongan Perburuan Osama

mengungkap kebohongan Amerika
0

Jakarta – Dalam film Zero Dark Thirty, penonton disuguhi adegan seru tentang perburuan Osama bin Laden. Mulai dari proses interogasi tawanan sampai operasi penembakan. Kini, cerita dalam film yang diklaim berdasarkan cerita dari ‘orang pertama dan kejadian nyata’ itu kini disangkal oleh jurnalis peraih Pulitzer, Seymour Hersh.

Film Zero Dark Thirty bercerita tentang kisah pencarian Osama bin Laden oleh agen CIA selama 10 tahun. Mereka bekerja secara rahasia di seluruh penjuru dunia. Adegan film diawali dengan proses interogasi terhadap seorang tawanan, upaya pencarian, penyamaran, sampai operasi diam-diam ke kediaman Osama di Pakistan.

Yang jelas di film tersebut adalah operasi terhadap perburuan Osama tanpa melibatkan pemerintah Pakistan. Agen CIA juga terlihat sangat ‘kerepotan’ guna memastikan di dalam kediaman di kota Abbottabad adalah benar-benar sosok Osama.

Film yang dirilis pada tahun 2012 tersebut disutradai oleh Kathryn Bigelow dan mendapat lima nominasi Oscar. Film tersebut juga sempat menduduki tangga box office nomor satu.

Cerita dalam film sebagian besar sama dengan yang dirilis secara umum oleh pemerintah Amerika Serikat. Namun belakangan ada yang disebut bohong oleh Seymour Hersh.

Berikut beberapa hal yang disangkal Hersh:

1. Osama diklaim Hersh bukan bersembunyi di Pakistan seperti diceritakan di film. Namun sejak tahun 2006, Osama sudah menjadi tahanan militer Pakistan. Biaya penahanan dikirim langsung oleh pemerintah Arab Saudi. Pemerintah AS jelas membantah kabar ini. (sumber Detik.com).***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: