Pejabat Matra Diduga Terima Suap 1 M Dari PT. Mamuang

para petani demo tuntut batas lokasi
0

Demo Petani dikantor Bupati Matra
PASANGKAYU (koranpedoman)-Ratusan petani yang mengatasnamankan Kelompok Pemberdayaan Masyarakat (KPM) melakukan aksi unjukrasa di kantor bupati Mamuju Utara (Matra) Sulawesi Barat (Sulbar) menuntut pengembalian lahan perkebunan kelapa sawit yang dikuasai PT. Mamuang, selain itu juga menutut kepada pihak kepolisian untuk melakukan pengusutan dugaan suap yang dilakukan pihak PT. Mamuang senilai 1 milyar kesejumlah oknum pejabat.
Kordinator aksi Agung menyerahkan surat pernyataan sikap kepada asisten 1 Pemerintah Kabupaten Mamuju Utara dan mengancam akan meduduki kantor bupati dan rumah jabatan bupati senin depan apabila tuntutan mereka tidak terpenuhi.

Petani juga meminta tim fasilitasi yang dibentuk Pemda Mamuju Utara segera mengusut dugaan pemalsuan sertifikat Hak Guna Usaha (HGU) dan pemalsuan tanda tangan dirjen kehutanan dan menteri kehutanan yang dilakukan pihak perusahan PT. Mamuang.

“Kami sudah menemukan bukti bahwa selama ini pihak BPN tidak mau merekontruksi dengan alasan harus ada permintaan dari PT. Mamuang, kenyataannya sejak dari tahun 2007 hingga saat ini tidak mau merekontruksi HGU PT. Mamuang, kenyataannya kemarin malam ada yang memberikan ke saya fotocopy sertifikat HGU PT. Mamuang yang telah dirubah dari Desa Martajaya menjadi Desa Martasari dan untuk merubah sertifikat tersebut pihak PT. Mamuang melakukan suap kepada oknum pejabat untuk merubah sertifikat itu, dan saya tidak berani mengatakan ini kalau ini tidak benar, dan kalau tim fasilitasi tidak bisa mendapatkan solusi kami akan menduduki kantor Bupati dan Rujab Bupati kalau tidak ada kejelasan dari tim fasilitasi, dan ini tidak main-main dan bukan cuma 5 item kejahatan yang dilakukan pihak PT. Mamuang tapi ada 14 item kejahatan Yang dilakukan pihak PT. Mamuang,” terang M.A.Agung T,B.Sc ketua KPM.

Usai unjukrasa petani membubarkan diri dan mengancam kembali dan akan menduduki kantor bupati serta lokasi perkebunan PT. Mamuang apabila tuntutan mereka tak terpenuhi. (MS).***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: