Selisi 1,16 %, Petahana Kalah Tipis di Pilkada Takalar

Takalar (deadline-news.com)-Pasangan nomor urut dua Syamsari Kitta-Achmad Daeng Se’re berhasil mengungguli paslon nomor urut satu Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim yang juga merupakan petahana Pilkada Takalar Sulawesi Selatan 2017.

Hal ini disampaikan dalam rapat pleno rekapitulasi suara Pilkada Takalar yang digelar KPUD Takalar disaksikan Bawaslu dan Perwakilan Paslon di kantor KPUD Takalar di Jalan Mallontarang Kecamatan Pattalasang Takalar, Rabu, (22/2-2017), seperti diberitakan Kabarmakassar.com.

Pasangan berjuluk SK – HD ini unggul tipis dengan selisih 1 koma 16 persen atau 2.023 suara. SK-HD memperoleh suara sebanyak 50 koma 58 persen atau 88.113 suara diatas paslon berjuluk Bur-Nojeng yang hanya menperoleh suara 49 koma 42 persen atau 86.090 suara. Dengan demikian selisinya angat tipis yakni 1,16 %.

Adapun warga yang hadir menyalurkan suara yakni 175.414 suara sementara suara sah 174.203 suara dan 1.211 suara tidak sah. KPUD Takalar memberikan kesempatan kepada paslon yang tidak puas atas hasil rapat pleno untuk melakukan upaya hukum.

Jika tidak ada gugatan maka penetapan calon terpilih akan disampaikan pada 08 hingga 10 Maret 2017 mendatang. Sementara jika ada gugatan maka akan menunggu proses gugatan di mahkamah konstitusi.

“Berdasarkan regulasi bahwa, selama tiga kali dua puluh empat jam maka diberikan kesempatan kepada yang memperoleh suara rendah untuk melakukan upaya hukum ,” Kata Jusalim Sammak, Ketua KPUD Takalar.

Rapat pleno rekapitulasi Pilkada Takalar diwarnai unjukrasa ratusan pendukung paslon nomor urut satu. Mereka meminta rapat pleno ditunda karena adanya dugaan kecurangan dalam pilkada ini.

Dugaan kecurangan diantaranya kehadiran pemilih siluman atau bukan warga Takalar sebanyak lima ribu suara yang ikut mencoblos.

Untuk pengamanan ratusan personil gabungan Polri dan TNI diterjunkan termasuk memasang kawat berduri mengelilingi kantor KPUD Takalar.
Pilkada di Takalar Sulawesi Selatan diikuti oleh dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Takalar.

Nomor urut satu merupakan petahana yakni Burhanuddin Baharuddin berpasangan dengan Natsir Ibrahim atau Bur-Nojeng yang diusung partai Golkar dan PAN. Sementara nomor urut dua yakni Syamsari Kitta berpasangan Ahmad daeng Sere atau SK-HD yang diusung diantaranya Partai Nasdem dan PKS.

Pemilihan suara berlangsung di 351 TPS dan tersebar di 9 Kecamatan dengan jumlah DPT Pilkada Takalar yakni 205.418 orang. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *