Fraksi Nasdem Usulkan Pansus “Pemakzulan”

Foto ketua fraksi Nasdem DPRD Touna Jafar M Amin. Foto Syamsul Bahri Kasim/deadline-news.com
0

 

Bang Doel (dealine-news.com)-Ampanasulteng-Melalui sekretaris DPC Partai Nasdem Tojo Unauna Badri Djawara kepada deadline-news.com Selasa sore (22/3-2022), via video call di whatsappnya mengatakan fraksi Partai Nasdem DPRD Tojo Unauna telah mengusulkan pembentukan pansus “pemakzulan” Bupati Tojo Unauna Muhammad Lahay.

Menurutnya usulan itu disampaikan Fraksi Nasdem didalam rapat Paripurna Selasa (22/3-2022).

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Touna Jafat M Amin melalui chat di whatsappnya Rabu (23/3-2022), membenarkan ada usulan pembentukan panitia khusus (Pansus) terkait dugaan pengancaman dan pernikahan dibawah tangan yang diduga melibatkan Bupati Touna Muhammad Lahay.

“Kamibmengusulkn untuk pansus agar kewibawaan pemerintah itu tetap terjaga, karena begitu ramai pemberitaan di media cetak, online dan media sosial terkait kasus dugaan pengancaman pembunuhan yang diduga di lakukn oleh pemimpin daerah kita serta ada indikasi terjadi perkawinan di bawa tangan atau yang di kenal oleh masyarakat umum kawin siri yang di duga di lakukn oleh pejabat tinggi di derh ini. Karna kedua kejadian itu melanggar UU. Baik UU ITE nomor 19 Thun 2016 yang merupakan perubahan UU nomor 11 Thun 2008 khusnya di pasal 27 ayat 4 yang sangsinya di atur dalam pasal 45 ayat 4 yang ancaman hukumannya 6 tahun atau denda 1 miliar dan UU Nomor 1 Thun 1974 tentang perkawinan. Oleh farksi Nasdem mengusulkn untuk membentuk pansus agar masaala ini terang benderang,”tegas Jafar.

Disinggung apaka pansus itu langsung mengarah ke pemakzulan? Jawab Jafar belum.

“Belum Sampai kesana nanti kita liat kalo memang ini bisa terbentuk dan dapat dukungn kawan-kawan DPRD, maka kita akan jalan dan kalo hasil dari pansus itu di temukan bahwa Bupati melanggar sumpa jabatan, maka kita akan tingkatkan ke hak menyatakan pendapat dan kalo ini berhasil maka DPRD akan mengusulkan ke MA pemakzulan dan klo di kabulkan oleh MA maka hasilnya kita akan terus kan ke presiden melalui Mendagri,”jelas Jafar.

Jafar menegasakan proses menuju ke pemakzulan masih panjang.

“Jadi ini prosesnya Masi panjang.
Kalo terbentuk pansusnya, maka Nasdem akan mengusulkan Pansus Bupati Gate,”tutur Jafar.

Jafar menegaskan dalam rapat paripurna kemarin baru fraksi Nasdem bersuara. Namun begitu Insya Allah ada dua fraksi lagi akan menyusulnya.

“Iya karena memang kemarin baru fraksi Nasdem yang bersuara. Tapi insya Allah ada dua fraksi lagi akan menyusul usulannya nasdem,”terang Jafar.

Sementara itu Bupati Muhammad Lahay yang dikonfirmasi via chat di whatsappnya Selasa malam (22/3-2022), sampai berita ini naik tayang belum memberikan jawab konfirmasi deadline-news.com. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: