Yusri : Peran Partai Politik Menjaga Kondusifitas Daerah

0

 

Bang Doel (deadline-news.com)-Pasangkayusulbar- Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Pasangkayu Yusri M Nur mengatakan peran partai Politik dalam memajukan daerah diantaranya menjaga kondusifitas.

“Artinya jangan ada kegaduhan yang terjadi di daerah akibat pernyataan-pernyataan Politik dari ketua atau pengurus partai politik,”ujar mantan calon wakil Bupati Pasangkayu periode 2020-2024 itu.

Ia mencontohkan salah satu ketua DPP Partai Politik di Jakarta membuat pernyataan yang menyerang salah satu pemimpin di Negeri ini, akibatnya gaduh sejagad maya.

“Oleh sebab itu partai politik sangat berperan menjaga kondusifitas daerah dimana partai politik itu berada,”tegas Yusri M Nur dalam dialog demokrasi refleksi akhir tahun bertajuk “Menakar Peran Partai Politik & Fungsi DPRD untuk memajukan Daerah” Selasa malam (28/12-2021) di salah satu warkop di kota Pasangkayu.

Menurut Yusri untuk menakar kinerjar anggota DPRD Pasangkayu rada-rada mudah.

“Lihat saja produk-produk DPRD sudah berapa banyak yang dihasilakan yang kaitannya keberpihakan kepada kepentingan rakyat secara langsung melalui usulan inisiatif anggota DPRD seperti pokir,”jelas mantan anggota DPRD Sulbar yang hanya setahun itu.

Yusri juga menjelasakan peran Partai Politik sebagai komunikator antara kepentingan rakyat dengan pemerintah.

“Anggota Partai Politik yang duduk di DPRD tentunya setiap tahun ada jadwal reses yakni mendengar dan menyerap aspirasi rakyat yang lalu kemudian diusulkan ke pemerintah daerah (eksekutif) setelah melalui rapat pembahasan dan paripurna di DPRD, sehingga menjadi produk legislasi dan buged (anggaran) disinilah lahir komunikasi dua arah antara anggota DPRD dalam memperjuangan kepentingan rakyat (konstituennya) dengan eksekutif (Bupati) selaku eksekutor pelaksanaan anggaran pembangunan di daerah,”urai Yusri.

Sementara itu ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Pasangkayu Muslihat Kamaluddin mengatakan peran partai politik dan fungsi DPRD dapat dikihat dari kerja-kerja para anggota DPR nya yang reperesentatif pengurus partainya.

“Lihat saja kerja-kerja anggota DPRD partai itu, apa yang dilakukan terhadap pollowersnya (konstituennya), disitu akan ketahuan peran dan fungsinya kaitannya dengan kemajuan daerah.

Menururnya PAN sendiri dalam masa keanggotaan di DPRD lebih dari 2 tahun ini, selalu mendengar dan menyerap aspirasi rakyat yang dituangkan dalam kebijakan pembangunan daerah yang berpihak kepada rakyat.

Hadir dalam dialog demokrasi refleksi akhir tahun itu ketua Partai Politik dan anggota DPRD Pasangkayu yakni Muslihat Kamaluddin (PAN), Herman Yunus (PPP), Nazaruddin (PKS), Lubis (PKB), Jamaluddin (Hanura), Asri Odja (Gerindra), Yusri M Nur (Nasdem) dan minus PDIP dan Partai Golkar. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: