Warga Terdampak Banjir Perlukan Air Bersih

Gorontalo (deadline-news.com) – Warga terdampak banjir di Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, memerlukan bantuan air bersih untuk memasak makanan cepat saji.

Marten Toana, warga Monano, Senin di Gorontalo mengatakan, warga terdampak banjir saat ini sibuk membersihkan rumah masing-masing karena terendam banjir yang membawa lumpur pada bencana Minggu (12/2) sekitar pukul 21.35 WITA.

“Bantuan yang sangat diperlukan saat ini adalah air bersih untuk konsumsi dan makanan cepat saji, sebab banjir sudah surut, tetapi permukiman warga dipenuhi lumpur yang sulit dibersihkan menyebabkan tidak ada aktivitas rumah tangga lainnya, selain membersihkan rumah,” ungkap Marten.

Beruntung kata ia, aparat Babinsa diterjunkan pihak Koramil setempat untuk membantu warga membersihkan rumah dan lingkungannya, sebab tidak hanya lumpur namun pemukiman warga khususnya saluran air dan jalan, dipenuhi sampah.

Warga, kata Marten, berharap pemerintah daerah tidak sekadar menurunkan personelnya atau tim teknis terkait untuk melakukan pendataan dan penyaluran bantuan bagi warga terdampak banjir, namun segera menindaklanjuti dengan peningkatan infrastruktur.

Wilayah tersebut, katanya, telah menjadi pelanggan banjir, akibat dangkalnya sungai serta tidak ada tanggul penahan air, dan infrastruktur drainase di permukiman warga tidak memadai.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Nurdin Humolungo mengatakan, data sementara pascabanjir Monano yaitu, 189 Kepala Keluarga (KK) di Desa Tudi terendam banjir, 175 KK di Desa Mokonow, 120 KK di Desa Pilohulata dan 45 KK di Desa Monano Atas.

Banjir diakibatkan meluapnya Sungai Mokonow dan Sungai Koiyo, yang tidak mampu menampung air kiriman dari perbukitan di hulu dua sungai tersebut.
Kerugian materi yang ditimbulkan, kata Nurdin, selain total 529 rumah terendam banjir setinggi 50 senti meter-1 meter, puluhan areal persawahan terendam dan ternak milik warga hanyut terseret banjir.

BPBD, kata Nurdin, masih menyalurkan bantuan air bersih serta air dalam kemasan, serta makanan cepat saji dan peralatan rumah tangga yang diperlukan, diantaranya matras dan selimut. (ant).***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top