Togean Menuju Kawasan Destinasi Wisata Prioritas Nasional

Foto Sekdaprov Sulteng Dr.Rudy Dewanto bersama bersama sejumlah pejabat Pemprov dan Pemkab Touna di acara FGD terkait Pulau togean. Foto Humas Pemprov Sulteng/deadline-news.com
0

 

 

Antasena (deadline-news.com)-Palu- Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Focus Grup Discussion (FGD) Dokumen Naskah Akademik Rencana Induk Percepatan Kepulauan Togean Menuju Kawasan Destinasi Super Prioritas Nasional.

FGD ini Bertempat, di Hotel Santika Palu Jumat, (20/1-2023).

Pada laporan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dorkas, ST.,M.Si, bahwa dalam rangka percepatan Kepulauan Togean menuju kawasan destinasi super prioritas nasional.

Maka pada kegiatan tersebut menghadirkan tim penyusun naskah akademik yang berasal dari akademisi Universitas Tadulako.

Dalam sambutan Asisten III Sekretariat Daerah Kab. Tojo Una-una Drs. Moh. Syarif Lawasedi, M.AP, mengatakan, Pemda Kab. Tojo Una-una mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan FGD ini.

Hal ini karena kawasan pariwisata yang berada di Kepulauan Togean sangat menjanjikan bagi kemajuan Kab. Tojo Una-una.

“Menurut laporan Kadis Periwisata Kab. Tojo Una-una, bahwa tahun 2022 tingkat kunjungan turis itu cukup tinggi dengan jumlah kurang lebih 23 ribu” ucap Syarif Lawasedi.

Pada kesempatan itu, Pj. Sekdaprov. Dr. Rudy Dewanto, SE., MM membacakan sambutan Gubernur mengatakan, Kepulauan Togean merupakan salah satu dari 88 kawasan strategis pariwisata nasional.

Selain itu juga, Kepulauan Togean memiliki potensi untuk pariwisata nasional maupun daerah dan berpengaruh penting dalam aspek pengembangan pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya pemberdayaan sumber daya alam, daya dukung lingkungan hidup serta pertahanan keamanan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan nasional, Kepulauan Togean dinyatakan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional.

Dengan pengembangan sektor parwisata ini, dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Tojo Una-una.

Selanjutnya, Rudy Dewanto berharap dari hasil pelaksanaan FGD ini dapat diwujudkan dalam suatu komitmen antar pelaku bersama kepariwisataan Sulawesi Tengah dalam sebuah rumusan bahwa berkembangnya pariwisata di suatu daerah akan mendatangkan manfaat bagi wisatawan maupun masyarakat setempat.

“Kita perlu meningkatkan sumber daya manusia pada bidang pariwisata seperti pengelola hotel dan sebagainya, agar kedepannya Kepulaun Togean dapat lebih maju,”tambah Rudy Dewanto.

Diakhir sambutannya, Rudy Dewanto mengajak agar Pemerintah Daerah, mitra pariwisata, ekonomi kreatif serta masyarakat untuk saling berkolaborasi dalam pengembangan kawasan Kepulauan Togean untuk pariwisata dan ekonomi kreatif yang semakin maju, berdaya saing, berkelanjutan serta mengedepankan kearifan lokal.

Turut hadir Ketua Komisi III DPRD Kab. Tojo Una-una dan perwakilan OPD Tingkat Prov. Sulteng.***

Sumber: Humas Pemprov. Sulteng

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: