Soal Klaim Kalsel Terhadap Pulau Bala – Balakang

Bupati Mamuju “ Mungkin Itu tempat Lain ”

Andi Rasmuddin-Hms (deadline-news.com)-Mamuju- Soal issu adanya klaim terhadap Pulau Bala – Balakang oleh daerah lain yang saat ini marak diberitakan, ditanggapi ringan oleh Bupati Mamuju Drs. H. Habsi Wahid, ia mengatakan klaim atas pulau terluar dari wilayah Kabupaten Mamuju tersebut tidak beralasan.

Pasalnya sejak kabupaten Mamuju masih dalam wilayah administrasi Provinsi Sulawesi Selatan Kepulauan Bala – balakang jelas adalah salah satu wilayah administrasi Kabupaten Mamuju “ mungkin itu tempat lain “ kata Bupati menimpali pertanyaan wartawan yang menyebutkan saat ini Bala-balakang masuk dalam RTRW Provinsi Kalimantan Selatan, namun dengan nama yang sedikit berbeda yakni Bala-balangan.

“kita kan tidak pernah mengenal nama itu yang kita punya adalah Bala-balakang jadi mungkin itu di tempat lain,” jelas Habsi Wahid saat dikonfirmasi wartawan diruang kerjanya Senin, (13/3-2017).

Ditambahkan Selain tertuang dalam RT/RW Pemprov Sulsel yang kala itu Mamuju masih dalam wilayah Pemerintahan Sulawesi Selatan, saat ini Provinsi Sulawesi Barat yang merupakan pemekaran dari Sul-Sel pulau Bala – balakang juga masuk dalam wilayah administrasi Pemkab. Mamuju.

“Bahkan struktur organisasi pemerintahan Kabupaten Mamuju mulai dari tingkat Desa sampai Camat jelas telah lama ada di Pulau Bala – balakang,” jelasnya.

Menurut H. Hasbi Wahid, dari sisi Defacto selama ini Pemerintah Daerah tak luput telah memberikan program-program untuk Pulau Bala – Balakang, baik terhadap kelompok – kelompok nelayan berupa fasilitas kapal nelayan atau program lainnya.

Bahkan sementara ini Pemkab Mamuju juga telah memprogramkan pengadaan kapal Fery Mini yang bahkan menelan penganggaran lebih dari satu (1) Milyar Rupiah yang akan dijadikan sarana transportasi untuk masyarakat Bala – balakang ke Mamuju, begitupun sebaliknya, semua itu adalah bukti – bukti secara fakta yang telah dilakukan.

“Ditegaskan baik secara Dejure maupun Defacto tidak ada yang tidak membenarkan bahwa Pulau Bala – balakang adalah salah satu wilayah administrasi Kabupaten Mamuju,” tutupnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *