Ruas Jalan dan Jembatan di Benteng Paremba Rusak Parah

Bang Doel (deadline-news.com)-Pinrang-Pemerintahan Bupati Pinrang sulawesi selatan Andi Irwan Hamid segera berakhir. Namun sejumlah ruas jalan dan jembatan di kabupaten pinrang masih mengalami kerusakan yang cukup parah.

Dintaranya  ruas jalan di desa benteng paremba kecamatan lembang sekitar 2 kilometer, mulai dari dusun Indoapping, Lombo, Kandoka hingga ke Rajang Balla perbatasan desa Salisali mengalami kerusakan yang sangat parah.

Ruas jalan itu sudah tidak berbentuk, karena nyaris tak ada lagi aspal di bandan jalan, tapi hanya lubang-lubang dan gundukan tanah akibat lubang mengangah. Selain itu bahu jalannya sangat dalam dan lebar jalannya sangat sempit karena hanya sekitar 2 meteran saja,  sehingga dapat mengancam keselamatan pengguna ruas jalan itu bila berpapasan.

“Kita bisa tergelincir saat berpapasan apalagi jika dimalam hari gelap gulita karena lampu jalan sudah lama mati tak ada perhatian pemerintah kabupaten pinrang belum lagi jika  hujan deras, ruas jalan itu digenangi air dan licin.

Bukan hanya itu namun sejumlah jembatan sudah rusak, salah satunya jembatan panjang salu lulue dimana tiang abudmennya sudah terperosok kedalam sungai, sehingga patah dan sudah miring. Tahun lalu hanya lantai kayu jembatan itu diperbaiki.

“Jembatan yang menghubungkan dusun lombo dengan kandoka itu bentangannya sekitar 50an meter dengan lebar sekitar 2 meter. Celakanya tiang penyangga abudmennya sudah miring dan patah, sehingga dapat membahayakan pengguna jembatan dan  ruas jalan tersebut,”kata Abul salah seorang warga yang menemani tim deadline-news.com group detaknews.id dan deadlinews.co melakukan investigasi Sabtu (13/4-2024).

Hal senada juga dikatakan Rahman yang setiap hari melalui jalan dan jembatan rusak dan miring itu.

Pantauan deadline-news.com group detaknews.id dan deadlinews.co bukan hanya ruas jalan dan jembatan di desa Benteng Paremba mengalami kerusakan yang sangat parah. Tapi di dalam kota pinrang juga masih banyak yang rusak. Diantaranya ruas jalan pendidikan dan ruas jalan Salo serta ruas jalan yang menghubungkan bulupakoro dengan batulappa.

Kerusakan ruas jalan desa benteng paremba ini sejak pemerintahan Andi Aslam Patonangi. Hanya pada jaman pemerintahan Andi Nawir ruas jalan dan jembatan  itu mendapat perhatian serius dari pemerintah. Setelahnya terkesan diabaikan.

Bupati Andi Irwan Hamid yang dikonfirmasi sebelumnya saat berkunjung ke Palu dalam rangka pelantikan kerukunan keluarga pinrang (KKP) tahun lalu mengatakan segera diupayakan perbaikan ruas jalan dan jembatan itu. Namun bertahap karena anggaran pendapatan dan belanja daerah terbatas.

“Insya Allah tahun ini kita programkan untuk perbaikan semua ruas jalan dan jembatan yang mengalami ke rusakan,”kata bupati Andi Iwan ketika itu. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top