Pj Bupati Rachmansyah Ismail Tinjau Wilayah Rawan Banjir

Maul (deadline-news.com)-Bungku- Penjabat (Pj) Bupati Morowali, Ir. H. A. Rachmansyah Ismail, M.Agr, MP, terus bergerak cepat dalam upayanya untuk mengatasi masalah banjir di wilayah Kabupaten Morowali.

Setelah melakukan tinjauan pasca bencana banjir di Desa Lahuafu pada Jumat (10/5-2024), Rachmansyah kembali melanjutkan aksinya dengan melakukan tinjauan langsung ke wilayah rawan banjir di Desa Dampala dan Unsongi pada Sabtu (11/5-2024) Sore.

Tinjauan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah Kabupaten Morowali untuk mengidentifikasi dan mengatasi potensi bencana banjir yang sering mengancam Wilayah tersebut.

Dalam kunjungannya, Pj Bupati Rachmansyah Ismail, didampingi Sekretaris Daerah, Drs. Yusman Mahbub, M.Si, bersama dengan para pejabat terkait diantaranya Kaban Penanggulangan Bencana Daerah, Ilham Lamidu, Kadis PUPR, Rustam Sabalio, Kadis Lingkungan Hidup, Elyta Gawi, Kadis Sosial Arifin Lakane, Pimpinan OPD lainnya, Tim ahli bencana, Unsur Forkompimcam Bungku Timur dan Bahodopi, serta Aparat Desa Unsongi dan Dampala.

Mereka melakukan survei terhadap kondisi sungai-sungai yang melintasi wilayah tersebut serta mengevaluasi sistem drainase yang ada.

Tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk mengevaluasi kebutuhan infrastruktur serta perencanaan mitigasi bencana yang tepat guna.

Desa Dampala dan Unsongi merupakan dua desa yang sering kali menjadi korban banjir setiap musim hujan tiba.

Bencana banjir tersebut telah menyebabkan kerugian materiil dan non-materiil bagi warga setempat, termasuk kerusakan pada rumah, fasilitas umum, dan lahan pertanian.

Selama tinjauan, Pj Bupati Rachmansyah juga berdialog langsung dengan warga setempat untuk mendengar langsung keluhan dan masukan dari masyarakat di lokasi rawan banjir itu.

“Hal ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam merancang solusi yang lebih efektif dan inklusif dalam penanggulangan bencana banjir di wilayah Kabupaten Morowali,”tegas Rachmansyah Ismail.

Setelah menyelesaikan kunjungan, Rachmansyah Ismail menyatakan komitmennya untuk segera mengambil langkah-langkah konkrit dalam penanggulangan bencana banjir di Desa Dampala dan Unsongi.

“Upaya-upaya ini diharapkan dapat mengurangi risiko dan dampak bencana banjir bagi warga serta meningkatkan ketahanan wilayah terhadap ancaman banjir di masa yang akan datang,”ucapnya dengan penuh harapan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top