OJK Edukasi Masyarakat Melalui Jurnalis

0

 

Foto Kepala Cabang Bank Mandiri Poso Gladies Nelry Kambey. Foto Moh.Ismail Patta (Ilong)/deadline-news.com

 

Ilong (deadline-news.com)-Pososulteng– Untuk mengedukasi masyarakat, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mendatangkan Kepala Cabang Bank Mandiri Poso.

Kacab Mandiri Poso membawakan materi waspada terhadap Financial Crime Melalui Social engineering dan Phising.

Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak menjadi korban kejahatan melalui media online atau media sosial (Medsos) dan sebagainya.

Kepala Cabang Bank Mandiri Poso Gladies Nelry Kambey menjelaskan, jika kejahatan Phising dan  Social Engineering dapat dilakukan melalui Sms/email dan link yang mengarah ke sebuah situs serta meminta data diri seseorang untuk dikelabui dan dikuras financialnya.

“Dari pihak bank sendiri, tidak akan pernah menghubungi masyarakat melalui sms ataupun email. Tetapi kami akan menelpon dan mendatangi langsung orang yang bersangkutan tadi bila ada hal yang ingin diminta atau diberikan,”tegas Gladies.

Ia juga mengungkapkan, bahwa kejahatan financial crime ini memerlukan nomor kartu debit/kredit yang ada di kartu atm kita, itu dibutuhkan agar dapat masuk ke akun milik nasabah dan mengambil uang yang ada di dalamnya.

“Jadi jika ada orang yang meminta untuk fotokan angka di kartu atm kita, jangan berikan. Karena melalui nomor kartu tadi, akun kalian tidak akan aman, bisa jadi langsung dikosongkan saldonya oleh si pelaku tadi,” lanjutnya.

Untuk itu Gladies mengharapkan agar masyarakat tidak mudah tertipu dan mampu memfilter hal-hal yang berbau penipuan.

Penegasan Gladies disampaikannya pada acara OJK kumpul Jurnalis Rabu (24/11-2021). Program OJK melibatkan jurnalis itu adalah upaya mengedukasi masyarakat lewat tulisan atau pemberitaan di media-media baik online maupun cetak.

Kegiatan ini dipimpin langsung Kepala OJK Palu Gamal Abdul Kahar, didampingi Wahyu Krestinto, Imanuel, Risa dan Mega.

Sedangkan jurnalis dikomandai ketua PWI Sulteng Mahmud Mattangara,SH,MM, didampingi Udin Salim, Tasman Bantu, Aslam, Murtalib, Andi Attas Abdullah, M. Rusli dan sejumlah jurnalis lainnya.

Setelah menerima sejumlah materi terkait kejahatan jasa perbankan, pada hari kedua rombongan Jurnalis dan OJK mengunjungi tempat-tempat wisata diantaranya Hutan Pinus panorama Tentena, obyek wisata danau Poso di Torau Desa Siuri Kecamatan Pamona Barat dan air terjun Saluopa.

Wisata jurnalistik ini masih bagian dari agendan otoritas jasa keuangan (OJK) yang bertemakan “Kumpul Jurnalis Sulawesi Tengah tahun 2021, dengan thema Kolaborasi dan Sinergi Mewujudkan Kesejahteraan Sulawesi Tengah” yang berlangsung sejak Rabu hingga Kamis (24-25/11-2021) di Tentena Danau Poso.***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: