Ketua DMI Kota Palu Sowan ke Ketua MUI Kota Palu

0

 

 

Ilong (deadline-news.com)-Palusulteng- Menjelang pelantikan pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI), kota Palu, Ketua DMI, H. Sirajuddin Ramly bersama Sekretaris DMI kota Palu, H. Ridho Lasimpara dan tim pengarah panitia pelantikan, Suarman, bersilaturahim ke Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Palu, Prof. Dr. Zainal Abidin, di kantor MUI kota Palu, Jalan Sis Aljufri, Palu, Rabu, (25/5-2022).

Ketua MUI didampingi Wakil Ketua Drs. Sagir Muhammad Amin, H. Munif A. Godal, Drs. Ulumuddin dan Idris.

Pada kesempatan itu, Ketua MUI kota Palu, Prof. Zainal Abidin mengapresiasi langkah strategis yang dilakukan oleh Dewan Masjid Indonesia yang belakangan ini cukup mendominasi dalam pemberitaan media massa.

“Belakangan ini saya liat DMI Provinsi dan kabupaten/kota menunjukkan kiprah yang sangat luar biasa, mereka melalui tim informasi teknologinya menunjukkan ke publik informasi positif keummatan, ini saya lihat sejak bulan ramadhan kemarin hingga hari ini,”kata Prof Zainal mengawali pernyataannya.

Prof Zainal juga mengakui kehadiran DMI mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat dan jauh lebih baik dari periode sebelumnya. MUI kota Palu, kata Guru Besar UIN Datokarama Palu itu siap bermitra dengan DMI kota Palu.

“Saya kira kehadiran kita disini adalah satu langkah positif yang terus dipelihara dengan baik, MUI kota Palu siap bekerjasama ketika ada kegiatan yang menjadi bagian dari MUI, seperti, penyiapan kebutuhan tim da’i, atau ada hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sosial kemasyarakatan MUI kota Palu siap dilibatkan,”imbuhnya.

Terkait Masjid Mart, salah satu program unggulan DMI Provinsi, Ketua FKUB Provinsi Sulawesi Tengah itu menyarankan untuk tidak dikelola oleh pengurus masjid.

“Saran saya selaku Ketua MUI kota Palu, program dan gagasan yang sangat bagus itu agar pengelolaannya tidak diserahkan pada pengurus masjid, karena, mohon maaf mereka tidak punya basic keilmuan tentang itu, saya pikir hal ini juga telah dipikirkan oleh Ketua Umum DMI Provinsi beserta para pengurusnya, saya hanya kembali memberikan penguatan, sebab kalau tidak apa yang kita cita-citakan tidak akan berjalan dengan baik,”jelasnya.

Selain itu, Prof Zainal juga menyoroti sejumlah masjid yang tidak memperhatikan kebersihan toilet masjid. Padahal itu sangat urgen, menunjukkan kebersihan dan kesucian masjid. Dia bersyukur, mendengar kabar bahwa DMI akan merevitalisasi sejumlah toilet masjid, mengingat ini adalah kebutuhan masjid.

Ketua DMI kota Palu, Sirajuddin Ramly sependapat dengan ketua MUI kota Palu terkait dengan pengelolaan Masjid Mart maupun revitalisasi dua ratus toilet dan tempat wudhu masjid.

“Iya benar, ini program DMI Provinsi yang akan merevitalisasi mck, toliet dan tempat wudhu, terlebih dahulu akan dilakukan asesmen lapangan sebelum dilakukan rehabilitasi dan renovasi,”tutupnya. ***

Koordinator Seksi Dokumentasi & Publikasi

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: