DMI Sulteng: Masjid Benteng Peradaban Umat

0

 

Ilong (deadline-news.com)-Palusulteng-Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan pengurus DMI di semua tingkatan kabupaten/kota se-Sulteng harus menjadikan dan mengembangkan fungsi masjid sebagai benteng peradaban umat.

“Pengembangan fungsi masjid sebagai benteng pembangunan peradaban umat, menjadi prioritas DMI,” kata Sekretaris Umum PW DMI Provinsi Sulteng Muchtar Ibnu Masud dalam sambutannya pada Musyawarah Daerah Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Parigi Moutong, di Parigi, Ahad (15/5-2022).

Musyawarah Daerah Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Parigi Moutong berlangsung di Masjid Darussalam, Kompleks Pelabuhan, Kelurahan Loji, Ahad.

Dalam musyawarah itu, Muchtar mengatakan, pembangunan peradaban umat berbasis masjid yang ke depan menjadi fokus yaitu, menjadikan masjid sebagai pusat pendidikan dan sentral pemberdayaan ekonomi umat.

“Dalam konteks pembangunan peradaban umat, DMI fokus pada pengembangan fungsi masjid sebagai pusat pendidikan dan pemberdayaan umat,” ucap Muchtar.

Pengembangan fungsi masjid sebagai pusat pendidikan umat, kata Muchtar, terlebih dahulu DMI akan melakukan pembinaan kapasitas imam masjid dan pegawai syara.

“Sesuai dengan arahan Ketum DMI Sulteng bapah Ahmad M Ali bahwa ke depan, DMI akan melibatkan pondok pesantren untuk membina para imam dan pegawai syara, untuk mengembangkan kapasitas mereka,” sebutnya.

Sehingga ke depan, sebut Muchtar, imam masjid dan pegawai syara dapat menjalankan fungsi masjid sebagai tempat pendidikan, minimal pendidikan Islam khususnya baca dan tulis alquran yang diajarkan kepada anak usia dini.

Kemudian, pada aspek pemberdayaan ekonomi umat, Muchtar menguraikan, DMI Sulteng mengembangkan konsep masjid mart yang dalam waktu dekat akan diluncurkan di Palu.

“Masjid mart ini sedang disiapkan oleh tim yang telah disiapkan oleh Ketum DMI Sulteng bapak Ahmad M Ali. Kita berdoa, Insya Allah niat baik Ketum DMI Sulteng untuk mengembangkan masjid sebagai sentral pendidikan dan pemberdayaan umat dapat diijabah Allah SWT,” ungkapnya.

Muchtar juga meminta kepada pengurus Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Parigi Moutong agar tetap solid, tetap menjaga kebersamaan dan persaudaraan, dan mengedepankan visi DMI yaitu memakmurkan dan dimakmurkan masjid dalam menjalankan program organisasi.

“Kata kunci untuk mewujudkan visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid adalah kesolidan dan kebersamaan pengurus. Ini harus benar-benar diperhatikan,” tegas Muchtar.***

Sumber: Biro Kominfo PW DMI Provinsi Sulteng

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: