Bupati Buol Tinjau Kesiapan Ruangan di RSUD Buol Untuk Pasien Covid19

foto Bupati Buol dr.H.Amiruddin Rauf, S.POG. foto dok Mahdi Rumi/deadline-news.com
0

 

Mahdi Rumi (deadline-news.com)-Tolitolisulteng-Bupati Buol dr H. Amiriddin Rauf, SpOg Senin (13/4-2020), meninjau langsung rsu Buol utk mengecek kesiapan rsu Buol utk menerima dan merawat pasien dalam pengawasan (PDP) Covid19 di kabupaten Buol.

Bupati yang akrab disapa dr Rudi itu mengunjungi bebera ruangan dan salah satunya ruang isolasi bagi pasien penderita virus Covid19 diwilayahnya.

Menurut Bupati Buol saat ini RSUD Buol telah siap menerima dan merawat pasien terserang wabah covid19 dan sekaligus pengambilan swab bagi Orang dalam Pengawasan (OPD) dan PDP Covid19. Namun proses pemeriksaan swab tetap dikirim ke dinkes provinsi Sulteng di Palu untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan di laboratorium. Sehingga kedepannya bila ada warga yang PDP sudah bisa dilakukan perawatan di RSUD Buol.

“Untuk pemgambilan swab tanpa dirujuk lagi ke rumah sakit rujukan di Tolitoli. Selain pengambilam swab juga tersedia kamar untuk pasien covid19 yang dapat menampung sekitar 15 pasien penderita yang sudah dilengkapi oksigen central dan juga telah tersedia perangkat kesehatan lainnya seperti Ct Scant 136 Slice denga resolusi tinggi yg mampu mendeteksi dini kelainan paru-paru, karena covid19,”ujar Bupati Rudi.

Kata Bupati Rudi, selain itu RSUD Buol juga memiliki perangkat laboratorium GeneXpret yang bisa mendiagnosa cepat virus corona yang tingkat deviden cantrinya tingkat akurasi hampir sama dengan pemeriksaan PCR dengan adanya alat – alat seperti ini kita tidak perlu lagi merujuk warga yang PDP ke RSUD Rujukan di Tolitoli.

“Untuk diketahui kata Bupati Buol saat ini RSUD Buol telah menerima dan merawat warga yang PDP Covid19 03 dan pasien tersebut sedang dirawat dan di isolasi di RSUD Buol. Mudah-Mudahan hasilnya nanti negatif,”kata Bupati Buol sembari menambahkan Insya Allah kedepannya semikin kita tingkatkan terus perangkat dan peralatan medis disamping menambah sejumlahdokter ahli. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: