Walikota Hidayat : Penganggaran Rasional, Realistis dan Proforsional

foto pertemuan Walikota Palu Hidayat dan Kepala perwakilan BPKP Sulteng Beligan Sembiring. foto bang Doel/deadline-news.com
0

Bang Doel (deadline-news.com)-Palukotakailisulteng-Walikota Palu Drs.Hidayat, M.Si dalam pertemuannya dengan Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulteng Beligan Sembiring Kamis (2/5-2019), di ruang kerjany menjelaskan bahwa dalam penyusunan anggaran menggunakan 3 indikator yakni rasional, realistis dan proforsional.

“Kami di Pemkot Palu ini, memberikan keleluasaan para kepala OPD untuk mengusulkan anggaran sebanyak-banyaknya. Lalu kemudian dirasionalkan, sehingga penganggaran sesuai kebutuhan. Bukan keinginan,”jelas Walikota Hidayat.

Dalam pertemuannya dengan Kepala Perwakilan BPKP Sulteng itu, Walikota Hidayat, didampingi kepala Inspektorat Didi Bakran.

Menurut Hidayat, ke 3 poin diatas itu merupakan pendekatan yang digunakan dalam penyusunan program dan anggaran, sehingga menciptakan Pemerintahan yang baik, Transparan, akuntabel dan responsif menuju pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

“Pola perencanaan itulah yang membawa Pemkot Palu meraih Perencanaan Pembangunan Kota terbaik/Peringka 1 Nasional,”jelas Hidayat.

Kunjungan yang dilakukan Kepala BPKP Sulteng itu setelah pelaksanaan upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019 di Halaman Kantor Wali kota tersebut, sebagai ajang silaturahmi ke dua instansi setelah pergantian Kepala kantor perwakilan BPKP Sulteng yang lama ke yang baru itu.

Dalam kesempatan tersebut, Wali kota Hidayat mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Kepala Perwakilan BPKP yang baru itu.

Ia berharap agar adanya sinergitas antara BPKP Sulteng dan Pemerintah kota Palu, melalui Inspektorat Daerah kota Palu terkait dengan pengawasan keuangan dan pembangunan sesuai peraturan yang berlaku.

Wali kota Hidayat mengaku bahwa saat ini pihaknya melalui Inspektorat sedang menelusuri penggunaan keuangan dalam perwujudan misi “Kelurahan Inovasi Unggul dan Mandiri Berbasis Iptek” dalam pelaksanaan IKM 11 tematik di setiap kelurahan.

Menurutnya, hal tersebut sebagai wujud komitmen Pemerintah kota Palu dalam pengawasan keuangan yang dikeluarkan untuk menjalankan program pembangunan kota Palu dengan visinya “Palu Kota Jasa Berbudaya dan Beradat Dilandasi Iman dan Taqwa.”

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Sulteng Beligan Sembiring siap memberikan masukan dan arahan jika dibutuhkan pihak pemerintah Kota Palu dalam menjalankan programa penyusunan anggaran dan pelaksanaan pembangunan. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: