Teluk Palu Indah dan Mengobati

Suasana Pantai Teluk Palu di hari Ahad
Suasana Pantai Teluk Palu di hari Ahad

Doel (Koranpedoman)-PALU-Sulteng-Sebagai warga Kota Palu patutlah kiranya kita berbangga diri. Bagaimana tidak, begitu banyak karunia Ilahi tertebar di muka bumi Palu. Kota Palu dikelilingi oleh perbukitan yang begitu indah dipandang mata dan terpendam berbagai kekayaan alam didalamnya. Yakni Emas, Batu Permata, Granit dan biji besi. Hanya saja, baru emas yang terdeteksi. Kemudian kota Kaili ini dibelah oleh sungai Lariang. Lalu ada lembah Palu. Dan yang takalah menariknya adalah teluk Palu yang luasnya sekitar 18 kilometer memanjang dari Kota Palu ke Wani sebelah utara dan Banawa disebelas barat. Dan lebarnya sekitar 5-7 kilometer.

Walau sedikit gersang, namun Kota Palu memendam keindahan. Sehingga Walikota Palu H.Rusdy Mastura sering menyebutnya kota Tiga Dimensi, bahkan sebenarnya 5 dimensi. Karena ada perbukitan, Pegunungan, lembah, sungai dan laut. Dan di Laut itulah saban hari ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal, nasional maupun manca negara.

Lihat saja, setiap hari libur, laut Teluk Palu dipadati ratusan orang. Pasalnya, selain indah, katanya juga dapat menyembuhkan penyakit kronis jika berendam didalam laut teluk Palu. Keindahan Teluk Palu bukan hanya sekedar tempat mandi-mandi dan berwisata. Tapi mampu menghidupkan ekonomi rakyat. Makanya saban hari begitu banyak penjual jajanan mangkal di tepi pantai teluk Palu. Mereka berjualan sepanjang tepian teluk Palu yang panjangnya sekitar 1,5 kilometer. Mulai dari Pantai Talise Kelurahan Talise hingga ke Palu Barat kelurahan Baru. Sebenarnya ada beberapa jenis wisata alam dan ekowisata, wisata olahraga dan rekreasi, Jet Ski dan wisata kapal pesiar yang dapat dikembangkan di laut Teluk Palu itu. Hanya saja, belum diberdayakan secara maksimal.

Mungkin persoalannya adalah anggaran. Sehingga pemerintah Kota Palu belum mengembangkan jenis wisata diatas di laut Teluk Palu. Padahal panorama laut teluk Palu di pagi hari begitu indah, tenang dan membawa kesan damai. Semoga saja kedepan, potensi laut teluk Palu dapat dioptimalkan menjadi sumber pendapatan asli daerah yang menjanjikan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top