Sekkot Palu Pimpin Upacara Harla Pancasila

foto Sekkot palu Asri L Sawayah, SH memimpin upacara Harla Pancasila. foto humas/deadline-news.com
0

Ilong (deadline-news.com)-Palusulteng-Sekretaris kota (Sekkot) Palu, Asri L Sawayah, SH mewakili Walikota Palu Drs.Hidayat, M.Si memimpin upacara hari lahir (harla) Pancasila 1 Juni 2019.

Dalam kesempatan itu, Sekot menyampaikan sambutan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI.

Upacara harla Pancasila 1 Juni itu dilaksanakan di halaman kantor walikota Palu, Sabtu (1/6-2019). Para kepala OPD dan pejabat terkait serta seluruh ASN dalam jajaran pemkot Palu hadir dalam upacara peringatan harla Pancasila 1 Juni itu.

“Pancasila sebagai dasar negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupkaan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagia bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,”jelas Sekkot Palu dalam sambutannya.

Menurutnya berkat pancasila yang berlindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi suatu berkah.

Katanya berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Kondisi demikain dapat berkembang melalui buday apolitik kewargaan yang demokratis. Bukan budaya politik yang menimbulkan ketakutan. Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa dengan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur,”tuturnya.

Sekkot menegaskan melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa utuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita INdonesia, kita pancasila,”terang Sekkot Asri. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: