Sebanyak 343 KK Cair Dana Stimulannya Hari Ini

Ilong (deadline-news.com)-Palusulteng-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Palu menyalurkan dana stimulan tahap II tahun di Aula Asrama Haji Transi Palu, Rabu (26/2-2020).

Sekretaris Daerah kota (Sekot) Palu, H. Asri Sawayah, SH, bersama jajarannya yakni Kepala Bappeda Arfan,S.Sos, M.Si, Kepala BPBD Ir. Singgih B. Prasetyo, perwakilan BPBD pemerintah provinsi Sulawesi Tengah, dan perwakilan Bank Sulteng, turut menyaksikan penyerahan stimulant tahap II itu.

“Stimulan tahap II per 25 Februari 2020 yang tersalurkan melalui rekening sebanyak 727 KK. Yang sudah cair per hari ini, itu sebanyak 343 KK. Sudah ada di BPBD untuk dikirim ke keuangan itu 408 KK. Jadi sekarang sudah ada 1.000an lebih. Masih ada 1.400 lebih tadi pak kabid bilang yang sudah siap juga untuk diteruskan prosesnya,” ujar Kepala BPBD kota Palu Ir. Singgih B. Prasetyo.

Kepala BPBD Singgih berharap masyarakat bersabar khususnya bagi yang belum masuk namanya dalam data SK Pemerintah kota Palu. Sebab memang masih tersisa 38.805 rumah sebagai penerima dana stimulan tahap II belum masuk namanya SK Pemkot Palu.

“Mohon bersabar. Pasti kita akan akomodir di gelombang-gelombang berikutnya. Karena ini sifatnya gelombang, dan yakinlah bahwa semua kita salurkan berapapun atau kita usulkan kalau belum masuk,” harapnya.

Singgih menegaskan  BPBD kota Palu dituntut untuk menyalurkan stimulan sebanyak 38.805 sesuai jumlah di SK Pemkot Palu. Hanya saja itu dilakukan tidak langsung semua,  tapi bertahap.

“Per tanggal 25 feb 2020 itu sudah 700 lebih, kemudian tanggal 26 itu sudah 300 lebih, pokoknya sampai 6 bulan kedepan sesuai limit waktu yang diberikan ke BPBD harus tertangani semua,”terang Kepala BPBD Kota Palu itu.

Sementara itu, salah seorang penerima stimulan tahap II bernama Ibu Monaraset yang berasal dari kelurahan Palupi mengaku sangat senang menerima dana stimulan tersebut apalagi rumahnya tergolong rusak berat akibat bencana lalu.

“Alhamdulillah sangat senang menerima stimulan ini. Soalnya rumah sudah retak-retak tinggal ditongkak dengan kayu. Mau kita biayai sendiri, nenek ini sudah janda dan hanya hidup dengan pensiun. MasyaAllah,” ungkapnya.

Dalam sambutan tertulisnya Walikota Palu Drs.Hidayat, M.Si yang dibacakan Sekkot Palu Asri mengatakan bahwa penyerahan dana stimulan tahap II ini, merupakan kegiatan akhir dari rangkaian proses yang dimulai dari pendataan, identifikasi, verifikasi hingga sampai penyerahan dana kali ini.

“Semoga ini semua dapat berjalan secara lancar, tertib, dan efektif dengan dukungan dari Pemerintah pusat, Pemerintah Daerah, perbankan, dan stakeholder lainnya,” harapnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top