Rusia Jadi Bahasan Utama di Pertemuan Pemimpin G-7

BERLIN (koranpedoman)-Pembahasan mengenai agresi yang dilakukan Rusia di Ukraina dipastikan akan menjadi fokus dalam pertemuan pemimpin negara kelompok 7 atau yang disebut G-7. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama.

Berbicara sebelum bertolak ke salah satu resort di wilayah pegunungan Bavaria Alpen, Obama mengatakan, dalam pertemuan itu kelak akan dibahas mengenai sikap negara G-7 terhadap agresi Rusia. Selain itu, perubahan iklim dan ekonomi dunia akan turut dibahas dalam pertemuan tersebut.

“Jadi selama dua hari ke depan di Schloss Elmau, kami akan membahas masa depan hubungan kami, perekonomian global yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan, memperkuat Uni Eropa (UE) yang besar dan makmur, menjalin kemitraan baru lintas Atlantik,” ujarnya.

“Mengambil sikap mengenai agresi Rusia di Ukraina, dan membahas bagaimana memerangi ekstrimisme hingga perubahan iklim,” kata Obama dalam pernyataanya, seperti dilansir Reuters pada Minggu (7/6/2015).

Dalam pernyataannya, Obama juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kanselir Jerman Angela Merkel sebagai penyelenggara pertemuan tersebut.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pemimpin kalian, Angela Merkel,” ucapnya. G-7 sendiri terbentuk setelah Rusia didepak dari kelompok elite dunia tersebut. Negara anggota G-7, yang sebelumnya G-8 mengeluarkan Rusia karena mereka menilai Negeri Beruang Merah itu adalah sosok di balik konflik di Ukraina. (Sindonews).***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top