Ribuan Orang Bakal Mengaji Bersama di Taman GOR

 

 

 

Antasena (deadline-news.com)-Palu- Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan (SMPP) 57-Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Palu kembali menginisiasi kegiatan “Palu Mengaji”.

Gub Sulteng H.Risdy Mastura

 

Acara islami yang memasuki tahun kedua digelar ini, bakal melibatkan peserta lebih banyak dari tahun sebelumnya.

 

Ketua kegiatan Palu Mengaji 2, Revi Arifin Passau menjelaskan, kegiatan ini digelar memasuki Nuzulul Quran di bulan Ramadan 1444 Hijriah, tepatnya pada Jumat 7 April 2023.

Dewan masjid

 

Peserta Palu Mengaji 2 ini, bakal melibatkan sejumlah siswa sekolah maupun madrasah di Kota Palu serta para alumni SMPP 57-SMAN 4 Palu.

Anwar Hafid

 

“Kami libatkan sejumlah sekolah, di antaranya SMPN 1, SMPN 3, SMPN 4, SMAN 1, SMAN 4, SMKN 2, MTsN 2, MTsN 1, MAN 2, MAN 1 dan MTs serta MA Alkhairaat Pusat juga para alumni,” ungkap Revi, yang juga merupakan Alumni SMPP 57 angkatan 79.

Hendri Muhidin

 

Sejumlah siswa sekolah maupun madrasah serta alumni yang hadir ini, nantinya kata dia, akan membacakan alquran secara bersama di Taman Gor Palu, mulai Pukul 16.00 wita hingga jelang berbuka puasa.

Syarifuddin Hafid

 

“Kami targetkan ada paling 1.000 orang dari pelajar, alumni, juga Majelis Taklim dan anak-anak panti asuhan serta seluruh warga Kota Palu, yang ingin bersama membaca alquran di momen Nuzulul Quran pada Ramadan ini,” sebut mantan Anggota DPRD Kota Palu ini.

 

Dia pun berharap, dari tiga kelompok yang dibagi nantinya, masing-masing bisa mengkhatamkan quraan di kegiatan “Palu Mengaji 2” kali ini.

 

Bagi masyarakat Kota Palu yang ingin ikut ambil bagian dalam kegiatan ini, diharapkan bisa membawa alquran, sejadah dan perlengkapan solat masing-masing.

 

“Karena selesai buka puasa bersama, kita akan salat magrib bersama di Taman Gor,” ujarnya.

 

Selain mengaji bersama, nantinya juga akan dibawakan Hikmah Menyambut Nuzulul Quran oleh Ketua MUI Kota Palu, Prof Dr H Zainal Abidin MAg.

 

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi menyumbangkan takjil untuk berbuka dalam kegiatan ini, panitia pun membuka diri.

“Nanti bisa menghubungi kami panitia (sumbangan takjil). Tapi kami juga tetap menyediakan takjil untuk peserta maupun masyarakat yang ikut dalam kegiatan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua IKA SMPP 57-SMAN 4 Palu, Abdul Rahman menjelaskan, bahwa Palu Mengaji, yang sudah memasuki tahun kedua digelar ini, merupakan inisiatif para alumni untuk lebih membumikan lagi aktifitas membaca Alquran bagi umat Muslim.

Membaca Alquran kata dia, tidak hanya terikat di ruang privat saja, tapi bagaimana juga bisa dilakukan di ruang publik.

“Kegiatan Palu Mengaji yang sudah jadi program tahunan IKA SMPP 57-SMAN 4 Palu ini juga sejalan dengan Program dari Pemerintah Kota Palu yang selama ini sudah berjalan, namun masih terikat dalam ruang, seperti tempat pendidikan maupun masjid dan rumah. Kami inginkan anak-anak muda atau masyarakat kita ini membaca quran, di tempat publik seperti taman maupun tempat-tempat yang memang terbuka,” papar pria yang akrab disapa Umang ini.

Dengan semakin terbukanya masyarakat membaca Alquran, maka diharapkan kecintaan membaca Alquran terus dilakukan, tidak hanya di bulan Ramadan saja.

Sebab, sebagaimana yang diketahui, Alquran tidak hanya menjadi kitab, namun menjadi petunjuk bagi umat muslim dalam setiap langkah kehidupan.

“Kegiatan ini juga rangkaian dari kami Alumni jelang Musyawarah dalam memilih ketua baru nantinya. Dan kami hadir juga tidak hanya berkumpul semata, namun bagaimana bisa bermanfaat bagi masyarakat maupun agama,” tegas Umang.

Untuk diketahui, sejumlah Alumni SMPP 57-SMAN 4 Palu, telah tersebar dan berkarya di berbagai bidang. Baik pemerintahan maupun swasta.

Terbaru, salah satu alumni SMPP 57-SMAN 4 Palu, kini menjabat sebagai Rektor Universitas Tadulako, yakni Prof Dr Ir Amar ST MT. Dikutip di Radarsulteng. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *