Perusda Pasangkayu Mengolah Migor Bekas Agar Bermanfaat

0

 

Ilong (deadline-news.com)-Pasangkayusulbar- Direksi Perusda Kabupaten Pasangkayu membuat terobosan dengan mengolah minyak jelantah (goreng bekas) agar bermanfaat.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Perusda Pasangkayu, Andi Tahmid saat sosialisasi  ide tersebut di Hotel Mutiara, Pasangkayu, Sulawesi Barat.

Menggandeng TP PKK, Andi Tahmid meyakini agenda ini akan sukses. Pasalnya, ini merupakan kerjasama bisnis yang dapat menjangkau sampai ke tingkat desa.

“Kami yakin bahwa instrumen dari TP PKK sangat lengkap dan tersedia sampai ke level dusun. Karena itu, kami merasa akan sangat efektif jika bisnis ini dikembangkan melalui kerjasama dengan ibu-ibu PKK,” kata Tahmid.

Dia menambahkan, selama ini minyak jelantah hanya dibuang. Padahal menurut dia, itu bisa menjadi limbah yang dapat merusak lingkungan dan membawa penyakit. Ia berharap itu dapat dimanfaatkan dengan baik.

Sejauh ini, pihaknya telah berdiskusi dengan pihak investor. Dan berencana membangun pabrik pengolahan biodisel. Itu akan memberikan ruang bisnis dan lapangan kerja.

Lanjut dia, selama enam bulan ia memimpin, Perusda Pasangkayu terus bergerak dan berinovasi.

Kini ada beberapa segmen usaha yang sementara berjalan. Diharapkan agenda ini menjadi titik awal dan momentum untuk pengembangan usaha.

Ia pun mengajak seluruh stakeholder dapat mendukung seluruh agenda perusda yang sementara berjalan maupun yang akan diagendakan ke depan.

“Target kami tahun ini ada beberapa usaha yang bisa bergerak. Semoga jelantah ini salah satu usaha yang bisa berkembang seperti yang diharapkan,” imbuh Tahmid.

Sosialisasi yang digelar pada Kamis, (20/1-2022), itu dibuka oleh Wakil Bupati Pasangkayu Herny Agus.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Pasangkayu Irpandi Yaumil, Kadis Kelautan dan Perikanan Kartini, Kadis Koperindag Dasteri, Kadis PMD Pasangkayu Irfan Risli Sadek, Sekertaris PKK Kabupaten Pasangkayu, Nur Ainy serta lainnya.

Irfan Rusli Sadek sangat mengapresiasi agenda Perusda Pasangkayu. Dia juga mengakui kejelian melirik pihak yang bisa diajak kerjasama untuk pengembangan usaha ini.

Senada, Irpandi Yaumil menyebut menegaskan bahwa lembaga DPRD siap mendukung upaya perusda melalui program demi peningkatan PAD.

“Tentu saja DPRD akan mendukung setiap program yang dapat mendorong peningkatan PAD,” tegas Fandi.

Atas nama pemda, Herny Agus juga mendukung langkah tersebut. Karena itu, ia meminta PKK dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk terus kreatif dalam bidang usaha.

“Ibu-ibu jangan berpangku tangan, di era saat ini harus kreatif melihat peluang-peluang usaha untuk menopang kebutuhan ekonomi keluarga. Termasuk pemanfaatan pekaranagan rumah,”pinta.***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: