Pastikan Penanganan Covid19 & Bencana Alam, Sekprov Rakor Bersama

 

“Pemprov Sulteng Persiapkan Rapid Tes Secara Massal di Kota Palu”

Ilong (deadline-news.com)-Palusulteng-Guna memastikan penanganan covid19 & bencana alam di Sulteng, Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Sekprov Sulteng) Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si. selaku Ketua Harian Gugus Covid-19 , rapat koordinasi (Rakor) bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan dr. Reny Lamadjido, Sp.PK, M.Kes, dan Kepala Kantor (Kalak) BPBD Provinsi Dr. Bartholomeus Tandigala , CES, SH.di ruang kerja (Ruker)nya Selasa (26/5-2020).

Dalam kesempatan Itu, Kadis Kesehatan Sulteng dr. Reny Lamadjido, Sp.PK , M.Kes menyampaikan langkah – langkah penanganan penagulangan Covid19 seperti penanganan pasien Positif COVID19 di kabupaten dan Kota se- Provinsi Sulawesi Tengah.

Kadis Kesehatan menyampaikan bahwa beberapa daerah di Propinsi Sulteng seperti Poso , Kota Palu dan Buol sudah masuk daerah penyebaran dalam transmisi lokal.

Selanjutnya Kadis kesehatan menyampaikan bahwa kemajuan percepatan kesembuhan pasien Covid19 sangat mengembirakan, dan saat ini Dinas Kesehatan Sulteng mendorong Dinas kesehatan Kabupaten dan Kota untuk melakukan Rapid tes, seperti di Buol saat ini melakukan Rapid tes untuk 90 orang dan Tolitoli 80 orang.

Sementara itu Kalak BPBD Sulteng Dr. Ir. Bartholomeus Tandigala CES, SH menyampaikan bahwa Bencana Alam Banjir sudah tertangani dengan baik dan dipastikan kehadiran Pemerintah Pronvisi Sulteng disana .

Pada Kesempatan Itu Sekda Prov. Sulteng Dr. Hidayat Lamakarate, M.Si. menyampaikan bahwa langkah – langkah yang sudah dilakukan sudah sangat baik dan untuk meningkatkan langkah penanganan Sekda provinsi meminta beberapa hal :

  • Pemerintah Provinsi melalui Gugus Tugas Covid bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid Kota Palu akan melakukan Rapid Tes Secara Massal di Kota Palu , agar kepala dinas kesehatan provinsi selaku wakil sekretaris Gugus Tugas Covid mempersiapkan kegiatan tersebut dengan baik .

  • Sekretaris Daerah meminta agar dinas kesehatan memastikan penanganan Pasien di Buol dan Toli Toli berjalan dengan baik dan mempercepat hasil rapid tes yang dilakukan didaerah tersebut .

  • Lebih jauh Sekda meminta kadis kesehatan agar hasil rapid tes Positip di Kabupaten Balut segera dilakukan swab untuk dikirim ke provinsi dengan harapan kita dapat pastikan apakah yang bersangkutan positip Covid -19.

  • Sekda juga meminta kadis kesehatan memastikan langkah langkah penanganan penanggulangan covid -19 kabupaten lainnya sudah berjalan dengan baik.

Terakhir Sekda meminta kepada Kalak BPBD agar terus memastikan penanganan bercana sudah tertangani dengan baik, pastikan Pemerintah hadir kalau terjadi bercana.

“Kita Harus pastikan minggu ini kita sudah lakukan Rapid Tes di Kata Palu. Dan terimakasih kepada petugas medis dan non medis yang telah berbuat baik dalam menangani bercana alam dan non alam,”ujarnya. (Sumber Biro Humas). ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top