Nakertrans Programkan Lagi Pemuda Sul – Teng Magang Ke Jepang  

0

 

M.Riski (deasline-news.com)-Palusulteng-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Tengah (Nakertrans Sulteng) Programkan lagi pemuda Sulteng Magang ke Jepang.

Kehadiran kembali program pemagangan Jepang bagi pemuda – pemuda Sul-Teng yang ditangani langsung oleh Nakertrans ini, selama 3 tahun terakhir masih terjadi menundaan.

Pasalnya masih dalam kondisi pandemi.
Akan tetapi, Nakertrans sejauh ini juga masih mengadakan seleksi pemagangan.

Dalam tahap seleksi sendiri yang lebih berperan aktif dalam menangani seleksi adalah pihak dari pusat atau dari IMM Jepang.

Adapun perihal seleksi pemagangan tahun ini, Dinas terkait hanya memfokuskan penganggaran khusus untuk seleksi saja.

Hal ini dikatakan Kepala Seksi P3TK (Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja) Suryani Yusuf menjawab wartawan di kantornya Kamis (24/9-2021).

Ia menjelaskan bahwasannya Jepang insyaallah akan buka program magang tersebut pada bulan Desember 2021 ini.

“Jadi untuk itu, Nakertrans pada tahun depan tidak hanya melakukan seleksi saja melainkan dengan pelatihanya sekaligus,”ujarnya.

Suryani Yusuf mengatakan untuk tahap seleksinya biasanya akan dilaksakan pada September tahun depan.

Selain itu, kata Suryani pihak Nakertrans apabila menjalani program tersebut insyaallah akan bekerja sama dengan pihak LPK dan  mungkin akan di BLK PP nantinya.

Menurutnya terkait metode pemberdayaan yang didapatkan setelah magang ke Jepang kemudian kembali ke Sul – Teng, sebenarnya pemerintah sudah mengantur bahwasannya masing – masing peserta magang ke Jepang sudah di beri berupa tabungan.

“Itulah kemudian yang akan menjadi modal apabila ingin membangun suatu usaha mandiri setelah selesai magang di Jepang dan ke Bali ke Daerah kita (Sulteng),”terangnya. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: