Monowi, Kota Berpenghuni Satu Orang

0

Amerika Serikat (koranpedoman)-Monowi merupakan sebuah kota terkecil di Amerika Serikat terletak di sebelah utara Nebraska. Kota ini pertama kali ditemui oleh seorang imigran asal Chekoslovakia, yang hanya ditinggali oleh satu orang.

Elsie Eller, seorang wanita berusia 77 tahun mampu menjalankan semua kegiatan di kota ini sendirian. Dia menjalankan usaha dengan membuka toko dan perpustakaan. Perpustakaannya itu mengoleksi sekitar 5.000 buku yang dulu dimiliki oleh mendiang suaminya, Rudy.

Sebagai penghuni satu-satunya di kota itu, Elsie harus mampu berperan sebagai wali kota, pegawai, bahkan seorang petualang. Semua aturan tata kota pun dia yang mengaturnya.

Awalnya, pada 1930, kota ini dihuni oleh 150 orang, tapi pada tahun 2000 penduduknya hanya tinggal dua orang, yaitu Elsie dan suaminya, Rudy. Namun Rudy meninggal pada 2004. Hal ini langsung membuat Elsie menjadi satu-satunya penghuni yang tersisa.

Setiap tahun, Elsie harus membayar pajak ke pusat kota untuk 4 lampu jalan dan fasilitas lainnya yang ada di sana. Gedung-gedung peninggalan yang tersisa pun tampak mulai tertutup rumput liar dan hanya menunggu waktu untuk dimusnahkan. (viva).***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: