Lokasi Je’ne-Je’ne Sappara Akan Dibangun Seperti Pantai Seruni

Gubernur Suslel Karaeng Nurdin bersama Karaeng Baso menuju panggung utama/ foto Andi Hartono/deadline-news.com
foto M.Fathul Fauzy Nurdin putra bungsu Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah duduk bersama Bupati Jeneponto dan Gubernur Suslel NA diatas rumah adat. foto Andi Hartono/deadline-news.com
foto masyarakat Jeneponto sedang menikmati naikperahu dan menonton di lokasi pesta adat Je’ne-Je’ne Sappara. foto Andi Hartono/deadline-news.com
foto Gubernur Nurdin Abdullah bersama Bupati Jeneponto Iksan Iskandar disambut angaruh (ciri khas) penyambutan di daerah Selatan-Selatan Sulsel. foto Andi Hartono/deadline-news.com

Andi Hartono (deadline-news.com)-Jenepontosulsel-Gubernur Sulawesi Selatan Prof Dr.Ir.HM.Nurdin Abdullah, M.Agr dalam sambutannya dihadapan masyarakat Tarowang Kabupaten Jeneponto mengatakan akan membangun dan menata lokasi Pesta Adat Je’ne-Je’ne Sappara seperti Pantai Seruni di Bantaeng.

“Lokasi pesta Adat Je’ne-Je’ne Sappara ini kita akan bangun seperti Pantai Seruni di Bantaeng. Karena budaya peninggalan sejarah itu perlu dilestarikan untuk menjadi kekayaan budaya Nusantara, ”tandas Gubernur Sulsel yang baru menjabat hampir 2 bulanan itu.

Menurut mantan Bupati 2 Periode itu, Pantai Lokasi Pantai Pesta Adat Je’ne-Je’ne Sappara di Desa Balang Loe Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto akan ditata sebaik mungkin. Dan fasilitas umumnya harus tersedia, seperti Toilet, penampungan air bersih serta rumah adat akan direhabilitasi agar nampak lebih baik dan luas.

“Pak Camat tolong diurus administrasi pembebasan lahannya, agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari saat akan dibangun lokasi Pesta Adat Je’ne-Je’ne Sappara ini,”kata Gubernur Nurdin Abdullah saat menutup Pesta Adat Je’ne-Je’ne Sappara Rabu sore (24/10-2018) sekitar pukul 15:25 wita di Balangloe Tarowang.

Sementara Camat Tarowang Kabupaten Jeneponto Abdurahman Nara,SE, M.Si, yang dikonfirmasi di sela-sela penutupan pesta Adat Je’ne-Je’ne Sappara mengaku bahwa pembebasan lahan lokasi pesta Adat Je’ne-Je’ne Sappara sudah lengkap administrasinya.

Ia menambahkan kecuali yang didepan rumah adat sekitar 20 meter masih berstatus pinjam pakai. Tapi yang disamping kiri sampai ke Pantai sudah dihimbahkan oleh pemiliknya untuk dijadikan lokasi pesta adat Je’ne-Je’ne Sappara.

Bupati Jeneponto Drs.H.Iksan Iskandar Karaeng Ninra bersama forkom Pinda  dan Kabiro Pemerintahan Pemprov Sulsel Dr.HM.Hasan Basri Ambarala hadir dalam acara pesta Adat Je’ne-Je’ne Sappara itu. Selain itu juga nampak putra bungsu Gubernur Nurdin Abdullah, M.Fathul Fauzy Nurdin.

M.Fathul Fauzy Nurdin yang akrab disapa Uji ini, adalah Caleg DPRD Sulsel No.urut 1 di Partai PSI daerah pemilihan Bantaeng, jeneponto dan Selayar. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *