Kominfo Gelar Sosialisasi Simaya

Ilong (deadline-news.com)-Palusulteng-Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palu menggelar kegiatan sistem administrasi perkantoran maya (Simaya) dan literasi keamanan persandian.

Acara literasi dan sosialisasi tersebut dilaksanakan di ruang pertemuan hotel best western coco Palu Selasa (5/11-2019).

Hadir dalam acara tersebut Kadis Kominfo kota palu, Ichsan Hamzah, SH, M.Si dan sejumlah kepala OPD terkait serta sejumlah pejabat lainnya. Hadir pula para camat dan lurah dan stakeholder.

Dalam kesempatan tersebut, Sekkot Palu mengungkapkan bahwa sistem aplikasi perkantoran maya (Simaya) merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) Nomor 6 Tahun 2011, tentang Tata Naskah Dinas Elektronik atau TNDE di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Manfaat dan tujuan penggunaan aplikasi SiMaya ini, adalah dalam rangka efektifitas dan efisiensi administrasi perkantoran. Juga meningkatkan koordinasi dan keterhubungan antar instansi pemerintah, pengendalian surat keluar, surat masuk, serta tata naskah dinas,” terangnya.

Sebagai gambaran atau contoh sederhana, ulasnya surat, dokumen atau berkas fisik pada organisasi perangkat daerah, melalui aplikasi simaya saat ini dapat disimpan secara elektronik atau digital, serta diakses secara online.

Hal tersebut secara terpisah sudah mulai dilaksanakan di beberapa unit kerja daerah. Yaitu dengan men-scan atau memindai dokumen fisik untuk kemudian disimpan dalam bentuk file atau dokumen digital.

“Maka melalui aplikasi SiMaya, kita harapkan berbagai dokumen digital organisasi perangkat daerah di kota palu dapat terintegrasi serta terdokumentasi dengan baik. Kelengkapan dokumen digital yang dikerjakan nantinya menjadi gambaran dokumentasi berkas digital kota palu secara umum,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Kadiskominfo kota palu, Ichsan Hamzah bahwa paradigma persandian telah berubah, tidak hanya kirim terima berita namun lebih strategis yakni dalam ketersediaan, kerahasiaan, keutuhan data era keterbukaan informasi saat ini.

Untuk narasumber literasi kesadaran keamanan informasi dan pemanfaatan sertifikat elektronik, Sandiman Muda Pada Subdiktorat Proteksi Informasi E-Business, direktorat proteksi ekonomi digital deputi II, Didik Hardiyanto ST. MT dan Zainal Suhardono SST CEH dari balai sertifikat elektronik BSSN. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top