Ketua KPU RI Sebut Penyebarluasan Informasi Dapat Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Caly (deadline-news.com) – Palusulteng-Dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat Kota Palu daIam

Pemilihan Serentak kepala daerah (Gubernur dan Wakil Gubemur Provinsi Suiawesi Tengah serta WaIi Kota dan WakiI Wali Kota Palu), tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu meluncurkan mobil pintar pemilu.

Launching tersebut, diresmikan langsung Ketua KPU RI, Arif Budiman, Jum’at (7/2-2020).

Sambutan Ketua KPU RI, Arif Budiman mengatakan bahwa ada dua upaya yang harus dilakukan dalam peningkatan partisipasi Pemilu, yakni dengan menyebarluaskan informasi ke masyarakat maupun sekolah, dan perguruan tinggi dengan memberikan pendidikan memilih kepada siswa sekolah.

Upaya yang lain yang dilakukan yakni, dengan membuka ruang bagi masyarakat untuk melakukan kunjungan kekantor KPU, dalam rangka melakukan sosialisasi terkait pemilihan Umum.

“Jika kunjungan belum signifikan, KPU bisa menyurat atau memberitahukan masyarakat,”ungkapnya.

Dengan beroperasinya Mobil pintar ini, diharapkan bisa menjadi solusi untuk menyampaikan himbauan kepada masyarakat guna menyukseskan pemilihan kepala daerah serentak.

“Fasilitas ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, karena tidak semua daerah memiliki fasilitas ini,” jelasnya.

Ketua KPU Kota Palu, Agusalim Wahid menjelaskan bahwa dalam melaksanakan tugas, pihaknya tetap selalu mengedepankan integritas dan indepedensi.

“Selain itu, masyarakat yang terkena dampak bencana langsung, baik yang masih ada dihunian sementara (Huntara) atau sudah menempati Hunian tetap (Huntap),akan menjadi tugas KPU Kota Palu dalam rangka pendataan, agar masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya saat pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020,” jelasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top