JK: Hanya Orang Berani Yang Merantau

foto HM Jusuf Kalla saat memberikan sambutan pada pembukaan Mubes KKSS XI di Solo. foto Bang Doel/deadline-news.com
0

Bang Doel (deadline-news.com)-Solojateng-Ketua Dewan Pembina Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), HM.Jusuf Kalla (JK), dalam sambutannya pada pembukaan Musyawarah Besara (Mubes) KKSS XI di Solo Jawah Tengah Sabtu (16/11-2019), Menegaskan bahwa hanya orang berani yang merantau.

Dan orang berani itu ada pada warga Sulsel yang terdiri dari Bugi, Makassar, Mandar, dan Toraja. Sebab mereka inilah yang banyak merantau. Keberanian meraka itu ditunjukkan dalam segala hal, baik dalam bidang ekonomi, politik, sosial kemasyarakatan maupun keagamaan.

“Bayangkan keberanian warga KKSS itu merantau dengan modal apa adanya, meninggalkan kampung halamannya menuju ke daerah lain, bahkan Negara lain. Bukti ini sangat jelas, makanya di mana-mana daerah di Indonesia ini, selalu ada kampung Bugis dan Kampung Makassar, termasuk di luar negeri,”ujar mantan Wakil Presiden RI dua periode itu.

Menurutnya jika kita merantau ke negeri orang, yang pertama harus dimiliki adalah keberanian, kecerdasan, pergaulan dengan masyarakat setempat dimana daerah kita pijak disitu langit dijunjung dan membangun hubungan yang baik kesemua disemua lapisan masyarakat serta pemerintah setempat.

“Mencermati kondisi kekunian, warga KKSS dimanapun berada, patut menjadi bagian integral dari Bangsa ini, olehnya bangun kebersamaan dan bantu apa yang bisa dimana daerah kita tinggal, terutama membantu membangun rumah-rumah Ibadah dan hindari konflik dengan penduduk asli, maka hidup kita akan tenang dan damai,”jelas Pemilik Kalla Group itu.

JK menegaskan siapapun yang terpilih dalam Mubes KKSS XI itu harus berperan aktif membangun komunikasi sampai ke pelosok-pelosok untuk membantu saudara-saudara kita warga KKSS dimanapun, terutama yang ditimpa konflik atau pembantaian seperti di Papua dan Kaltim.

“Saya berharap warga KKSS dimanapun harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa ini, jaga kerukunan dan kedamaian dimana daerah kita tinggal. Karena memang kalian sudah penduduk dan warga di daerah itu, hanya saja kalian berasal dari Sulsel,”pesan tokoh perdamaian Poso dan Aceh itu.

Turut mendampingi Jk dalam pembukaan Mubes KKSS XI Solo itu, yakni Sekprov Sulsel Dr.Abdul Hayat, Walikota Makassar Dr.Iqbal Suhaeb, Muchtar Ngabalin dan sejumlah tokoh nasional .  ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: