Jalan Lingkar Seko Pitung Penanian – Rante Pao Rusak Parah

Bang Doel (deadline-news.com)-Torutsulsel-Jalan lingkar dari Desa Seko Pitung Penanian, Nanggalan yang menghubungkan Rante Pao Kabupaten Toraja Utara (Torut) Sulsel mengalami kerusakan yang sangat Parah.

Baru sekitar 2 km, telah di rabat beton dari 26 Km untuk 3 kecamatan yakni Rante Buah, Buntao dan Pitung Pinanian Nanggala – Rante Pao.

Jalan lingkar ini merupakan satu-satuny akses masyarakat petani di 3 kecamatan tersebut ke Rante Pao atau keluar ke jalan Negara Rante Pao atau ke Palopo.

Masyarakat di 3 kecamatan itu rata-raya petani.

Adalah komoditi Cengkeh, Kopi dan Kakao penghasilan utama masyarakat di 3 kecamatan tersebut.

Namun komoditi pertanian Kakao mereka mengalami penyakit penggerek buah dan batang.

Listrik sudah masuk di 3 kecamatan itu sejak 2016. Sedangkan ruas jalan lingkar disentuh sejak 2007 saja, namun sudah mengalami kerusakan yang sangat parah sampai saat ini.

Kemudian jalan dalam desa rata-raya telah dirabat beton dari anggaran dana desa ADD yang bersumber dari APBN. Demikian dikatakan Kepala Desa Pitung Pananian Yohanis Bunga.

Menurutnya untuk mengantisipasi semakin rusaknya ruas jalan lingkar tersebut, masyarakat berswadaya membeli material untuk pengerasan ruas jalan tersebut.

Sedangkan rabat beton sendiri di ruas jalan lingkar tersebut baru sekitar 2 kilometer dari pertigaan jalan Nasional tepatnya di Seko (Torut) Pitung Pananian. Dan sisanya baru pengerasan, sehingga jika musim huan seperti ini berlumpur, licin dan dapat membahayakan pengguna jalan.

“Oleh sebab itu kami masyarakat di 3 kecamatan ini meminta kepada bapak Gubernur untuk membantu dan memperhatikan perbaikan jalan lingkar ini,”pintah Johanis.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *