Ini Konsepsi Desa M2 PMD Sulteng

0

 

Ilong (deadline-news.com)-Palusulteng- Konsepsi dari desa maju dan desa mandiri (M2) yang dirancang oleh Dinas Pemberdayaan Desa (PMD) sudah mampu untuk mensejahterakan rakyat, kata PPK Satker PMD Moh.Yahya menjawab wartawan di kantornya Selasa (21/9-2021).

Yahya menerangkan, Pada Konsepsi Desa Mandiri, akan dilakukan updating data pertahunnya, dimana indikator desa mandiri itu terbagi atas tiga (3) dimensi.

Yang pertama ialah dimensi ketahanan sosial, kedua dimensi ketahanan ekonomi dan yang ketiga ialah dimensi ketahanan lingkungan.

“Jadi tiga dimensi inilah yang berpengaruh terhadap penempatan status desa kedepannya,”jelasnya.

Kata Yahya adapun dari tiga dimensi tadi, akan dilihat kembali variabelnya, apakah memenuhi atau tidak untuk melangkah menuju desa mandiri.

Menurut yahya, dalam konsepsi desa maju desa mandiri ini sudah mampu untuk mensejahterakan masyarakat, itu dapat dilihat dari status desanya sendiri. Pada program desa maju desa mandiri ini, terdapat 5 tingkatan status pada sebuah desa.

Dan bila desa tersebut telah berada pada status desa mandiri, maka imbas dari status tersebut mampu untuk mensejahterakan masyarakat desa.

“Kemudian program desa maju desa mandiri ini mampu untuk memberdayakan pemuda desa, tergantung dari status desa tersebut, apabila telah melangkah dari desa tertinggal menuju desa mandiri, maka dapat dipastikan bahwa pemuda desa dapat diberdayakan terkait dengan masalah pembangunan desa,”tandas Yahya.***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: