Dinas PMD Touna Gelar Bimtek Pengelolaan Aset Desa

0

 

Syamsul Bahri M. Kasim (deadline-news.com) Tounasulteng – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menggelar Bimbingan teknis (Bimtek)

Digelarnya bimtek itu tak lain adalah guna untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam mengelola aset desa yang akuntabel dan transparan.

Kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Muh Nur. Lasupu saat ditemui jurnalis media ini usai membuka kegiatan.

Kegiatan itu digelar disalah satu hotel di Ampana Jalan Pulau lawaka kelurahan Dondo Timur Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah pada Rabu (21/4-2021).

Pada kegiatan itu, dihadiri oleh perwakilan perangkat desa se Kabupaten Tojo Una-Una.

Kadis Muh Nur menjelaskan bahwa, sistem pengelolaan aset desa mulai dari perencanaan, pemanfaatan, penataan usahaan, pelaporan, hingga pengadaan asetnya,

Pihaknya menilai bahwa yang terjadi saat ini ditingkatan desa dalam pengelolaannya belumlah mencapai standar akuntabel dan transparan.

“Berangkat dari hal itu kata Kadis Muh Nur, PMD secara kelembagaan menggelar kegiatan bimtek itu, dengan menghadirkan pemateri dari kalangan Badan Pengawasan Keuangan dan pembangunan (BPKP) perwakilan sulteng,” katanya.

Kadis Muh Nur menambahkan, ketika aset telah diketahui maka kebijakan pembangunan dapat terlaksana dengan baik. Dan peran Kepala Desa dalam pengelolaan aset dapat terlihat.

Kadis Muh Nur juga mengatakan, pengelolaan aset desa dilaksanakan berdasarkan asas fungsional, kepastian hukum, transparan dan kepastias nilai, permendagri nomor 1 tahun 2016 pasal 3.

Ia berharap melalui bimtek tersebut, dapat tercipta kesamaan presepsi dilingkungan pemerintah desa sesuai mekanisme yang ditentukan berdasarkan peraturan perundang-undangan kata mantan Kadis perhubungan itu.***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: