Bupati Buol Buka Uji Kompetenti

0

 

“Di ikuti 189 Pejabat Pemda Buol”

 

M. Ramly Bantilan (deadline-news.com)-Buolsulteng- Pemerintah Daerah Kabupaten Buol melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Saya Manusia ( BKPSDM ) Melaksan Uji Kompetensi Pejabat Pratama Tinggi (Eselon II ) dan Pejabat administrator (Eselon III).

Uji kompetensi dan Potensi serta Pengkuran Kinerja itu dalam rangka manajemen talente di lingkungan Pemerintah daerah kabupaten Buol di aula CAT BKPSDM, Senin, 17/2-2022.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Buol, dr.Amirudin Rauf, dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19.

Uji kompetensi ini dilakukan oleh BKPSDM bekerjasama dengan Kanreg IV BKN Makassar untuk penilaian potensi dan kompetensi pejabat JPT Pratama Pejabat administrator, Fungsional madya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Buol,Kepala Kantor Regional IV BKN Makssar, Sekertaris Daerah, Tim Assessment Uji kompetensi serta para Peserta ujian Kompetensi.

Bupati Buol dr.Amirudin Rauf mengungkapkan, pelaksanaan uji kompetensj pejabat Pratama Tinggi dan Pejabat Administrator ini merupakan kerja keras BKPSDM yang berupaya menyelenggarakan kegiatan penilaian potensi dan kompetensi ini.

Kegiatan ini menurut Amirudin Rauf, menjadi sumber informasi yang objektif mengenai karakter, keahlian, dan kemampuan pejabat Eselon II dan Eselon III .

“Kedepannya, ini akan dijadikan sebagai pertimbangan dalam pemetaan pejabat struktural. Selain itu, ini juga akan dijadikan sebagai evaluasi dalam meningkatkan kompetensi dari masing-masing pejabat,”jelasnya.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pengawasan Kepegawaian (PDSK) Kanreg IV BKN, Abdul Rajak mengungkap peserta dapat rileks mengerjakan soal-soal yang ada.

“Bapak ibu peserta tidak usah tegang, soal yang ada tidak jauh dari simulasi peristiwa atau aktivitas sehari-hari. Prinsip soalnya tidak ada salah benar, tetapi options yang dipilih akan menjadi cerminan sikap akan situasi yang seringkali dialami, terima kasih kepada Pemda Buol kami memberi apresiasi kabupaten Buol merupakan instansi Daerah yang Pertama di wilayah kerja kantor Regianal IV BKN yang bekerja sama untuk dapat Mewujudkan Tata Laksana Manejemen Talenta,” jelas Abdul Rajak.

Dirinya meminta untuk para peserta tidak saling bekerjasama dalam mengerjakan soal.

Menurutnya, soal yang ada akan menjadi potret kepribadian ASN, maka harus dijawab sesuai dengan aktivitas pribadi masing-masing.

“Dasar pelaksana mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 tentang Manejemen Pegawai Negeri Sipil (Lembaga Negara Republik Indonesia tahun 2017 nomor 63,Peraturan Mentri Pendayagunaan Apartur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Menejemen Talenta Aparatur Sipil Negara.serta Peraturan Bupati Buol Nomor 24 tahun 2021 tentang Manejen talenta Pegawai dilingkungan pemerintah daerah kabupaten Buo,”tuturnya.

Asisten II Bidang Administrasi sekaligus Plt Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Asrarudin melaporkan dalam kegiatan ini sebanyak 189 Pegawai yang terdiri dari

“Peserta yang berasal dari pejabat JPT Pratama Eselon II sebanyak 26 orang, pejabat Administrator Eselon III A sebanyak 51 orang, pejabat Eselon III.B sebanyak 97 orang, Pejabat Funsional Madya 5 orang dan Pejabat Eselon Pelaksana ( Eks Eselon III),” jelasAsrarudin.

Dirinya menjelaskan, kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati ini akan berlangsung selama 7 hari yakni tanggal 17-24 Januari 2022 .

“Dalam proses penilaian akan dinilai oleh tim penilai sebanyak 7 orang dari Kanreg IV BKN Makassar.pelaksanaan kegiatan ini dibebankan pada anggaran dan Belanja Daerah kabupaten buol tahun anggaran 2022 pada DPA BKPSDM,”ungkapnya. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: