Besok Firman Serahkan Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Sekda

Foto Sekda Pasangkayu Dr.Firman,SP,MP. Foto tangkapan layar di FB Prokopim pasangkayu/deadline-news.com
0

 

Bang Doel (deadline-news.com)-Besok hari ini Senin (6/6-2022), Dr.H.Firman, SP,MP, menyerahkan surat pengunduran dirinya dari Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), Kabupaten Pasangkayu sesuai pernyataannya saat menghadap Bupati Pasangkayu H.Yaumil Ambo Djiwa,SH Selasa pagi (17/5-2022), sekitar pukul 9:45 wita di ruangan kerja Bupati Pasangkayu.

“Tadi pagi pak Firman didampingi kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan daerah (BKPPD) Pasangkayu Andi Baso sudah menghadap ke saya dan menyatakan mengundurkan diri dari jabatan Sekda Pasangkayu. Hanya saja masih ada item pekerjaan yang beliau rampungkan sampai tanggal 6 Juni 2022,”jelas Bupati Yaumil menjawab deadline-news.com group detaknews.id Selasa siang (17/5-2022), sekitar pukul 13:30 wita via telepone selulernya.

Menurutnya secara lisan Firman sudah menyatakan mundur dari jabatan Sekda Pasangkayu. Dan tinggal menunggu secara tertulis.

“Pak Firman secara lisan sudah menyatakan mundur dari jabatan Sekda. Dan nanti tanggal 6 Juni 2022, beliau secara tertulis menyerahkan surat pengunduran dirinya,”kata Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa.

Telah diberitakan sebelumnya, Firman sudah menghadap dan pamit ke Ketua DPRD Pasangkayu Alwiati Saal,SH untuk mengakhir jabatannya sebagai Sekda Pasangkayu.

Selain itu Firman juga sudah menghadap dan pamit ke wakil Bupati Pasangkayu Dr.Hj.Herny Agus untuk mundur dari jabatan Sekda Pasangkayu.

Sampai berita ini naik tayang, Firman yang dikonfirmasi beberapa kali via telepone selulernya belum pernah memberikan jawaban konfirmasi.

Ketua Nusantara corruption watch (NCW) Anwar Hakim menegaskan kalau Firman tidak mau mundur, maka harusnya dimundurkan oleh Bupati Yaumil.

“Kalau dia tidak mau mundur harusnya bupati punya kewenangan berdasarkan UU No 30 THN 2014 untuk memundurkan Firman dari jabatan Sekda Pasangkayu,”tegas pegiat anti korupsi itu.

Kata Anwar sebenarnya biar hari ini Bupati punyak hak memberhentikan dan menunjuk pelaksana tugas atau harian (PLH) Sekda dengan alasan kinerjanya sudah tidak maksimal dan tidak sejalan dengan Bupati selaku pimpinan daerah atau untuk penyegaran roda organisasi pemeribtahan di Kabupaten Pasangkayu.

“Biar hari ini bupati bisa lakukan pemberhentian Firman dari Jabatan Sekda. Dan dibeberapa kabupaten Bupati melakukan itu dengan alasan penyegaran organisaai dan alasan lainnya. Hanya saja apakah bupati Yaumil berani melakukan itu. Dan kalau itu bupati tidak lakukan berarti ada sesuatu yang terselubung serta publik melihat itu sebagai bentuk pelecehan dan akan tertawaan. Karena sudah menghadap dan menyatakan secara lisan mundur dari jabatan Sekda. Tapi masih bertahan,”ujar Anwar.

Sebelumnya Ketua Fraksi PDIP DPRD Pasangkayu Sulbar H.Lukman Said, S.Pdi, M.Pdi menjawab deadline-news.com group detaknews.id via messenger Selasa petang (19/4-2022), mengatakan Bupati Pasangkayu Sulbar Yaumil Ambo Djiwa,SH harus bersikap tegas terhadap Sekretaris daerah Firman.

Pasalnya kata ketua asosiali DPRD Kabupaten suluruh Indonesia (ADKASI) itu, kelihatannya pemerintah daerah kabupaten Pasangkayu sudah tidak kompak didalam memberikan pelayanan ke masyarakat dan melaksanakan tugas-tugas pokok pemerintahan.

“Sekda Firman jalan sendiri, bupati jalan sendiri. Olehnya agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik baik, maka antara Bupati, Wakil Bupati dan Sekda harus kompak,”kata politisi PDIP itu dengan nada menyarankan.

Menurutnya Bupati, Wakil Bupati dan Sekda adalah tiga serangkai yang tidak boleh terpisah dan harus kompak dibawah komando Bupati.

“Bupati Yaumil tidak boleh membiarkan kondisi ini berlarut-larut. Harus segera mengganti Sekda dan menunjuk pejabat sekda yang loyal dan dapat bersinergi dengan bupati untuk menjalankan program-program pemerintahan sesuai visi dan missi Bupati,”jelas mantan ketua DPRD Pasangkayu itu.

Sementara itu Kepala BKPPD Pasangkayu Andi Baso yang dikonfirmasi via chat di whatsappnya membenarkan mendampingi Sekda Firman menghadap Bupati untuk menyatakan mundur dari Jabatan Sekda Pasangkayu.

Ia juga mengatakan tinggal menunggu surat resmi masuk ke BKPPD terkait pengunduran diri Dr.Firman, SP,MP dari jabatan Sekda.

“Saya tinggal menunggu surat resmi terkait pengunduran diri beliau,”tulis Andi Baso. ***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: