Bawaslu Touna Gelar Bimtek Pengawasan Kampanye dan Penertiban APK

0

 

Syamsul Bahri M. Kasim (deadline-news. com)-Tounasulteng – Badan Pengawas Pemiligan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pengawasan kampanye dan penertiban alat peraga kampanye (APK).

Digelarnya bimtek itu tak lain adalah penguatan kapasitas jajaran pengawas adhock tingkat desa dalam melaksankan pengawasan.

Kata Ketua Bawaslu Touna Abas di ruang kerjanya pada Senin (16/11-2020).

Ia menjelaskan, kegiatan itu dipusatkan pada dua titik, yakni tutik pertama dipusatkan di Kecamata Talatako Desa Kadoda (Pulau Papan) dengan melibatkan Kecamatan Walea Kepulauan (Wakep) dan Kecamatan Walea Besar (Wabes).

Selanjutnya kata Abas titik kedua dipusatkan di Desa Wakai Kecamatan Una-Una, dan melibatkan Kecamatan Togean dan Kecamatan Batudaka

Abas juga mengatakan, pada kegiatan itu dihadiri masing-masing pengawas Desa.

Tujuan dihadirkan pengawas desa tak lain adalah memperketat pengawasan terhadap kampane dan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK)

Dan Inti kegiatan tersebut, adalah memberikan penguatan dan harapan kepada pengawas Desa untuk memastikan bahwa APK atau bahan kampanye tak ada yang terpasang pada tempat-tempat yang terlarang,

“Misalnya di Rumah ibadah, halaman dan depannya, sarana pendidikan, pelayanan kesehatan dan gedung milik pemerintah,” kata Ketua Abas.

Hingga saat ini kata Abas, sesuai pantauan pengawas tak ada ditemukan APK itu terpasang pada beberapa kreteria tersebut.

Selain itu juga, pengawasan oleh tim pengawas Kecamatan maupun desa terkait pemasangan APK yang dicetak oleh KPU, Abas mengakui bahwa semuanya telah terpasang.***

Tinggalkan Komentar Anda! :

%d blogger menyukai ini: